Manado (ANTARA) - Satgas Penanggulangan Bencana Alam (Gulbencal) Kodam XIII/Merdeka, dengan bahu membahu memasang terpal ke atap salah satu puskesmas yang berada di Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, yang mengalami kerusakan akibat erupsi Gunung Ruang.

Kapendam XIII/Mereka Kolonel Kav Mujahidin, di Manado, Rabu, mengatakan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya secara langsung telah memerintahkan Satgas Gulbencal untuk melaksanakan kegiatan pasang terpal, seng di rumah sakit, sekolah maupun sarana umum lainnya.

'Kegiatan pemasangan terpal ke atap Puskesmas dilakukan dalam rangka mengatasi kebocoran di saat hujan menerpa agar sarana publik itu bisa digunakan kembali untuk menampung pasien yang sedang sakit," katanya.

Diharapkan dengan adanya tindakan nyata dari Satgas Gulbencal, roda pemerintahan termasuk di dalamnya pelayanan kesehatan khususnya di daerah Tagulandang bisa dengan cepat terwujud dan aktivitas berjalan dengan normal seperti biasa.



Gunung Ruang, di Tagulandang, Sitaro, erupsi pada 16 April 2024 setelah terjadi peningkatan aktivitas kegempaan.

Dengan terjadinya erupsi tersebut, Pangdam XIII/Merdeka merespon cepat dengan memerintahkan Satgas Gulbencal, khususnya satuan yang berada di Sulut, sebanyak 89 orang personel langsung berangkat ke Kepulauan Sitaro.

Satgas tersebut dilengkapi dengan berbagai perlengkapan komunikasi, logistik, bekal alat dan obat kesehatan serta alat-alat kebencanaan lainnya.*



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Satgas Gulbencal Kodam XIII bantu puskesmas terdampak Gunung Ruang

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024