Ternate (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate, Maluku Utara, menyatakan siap jika diminta untuk membantu mengevakuasi warga yang terdampak erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara.

"Sejauh ini belum ada permintaan baik dari Basarnas Manado maupun perintah langsung dari Basarnas RI mengenai bantuan penanganan bencana erupsi Gunung Api Ruang di Kabupaten Sitaro," kata Kepala Basarnas Ternate Fathur Rahman saat ditemui pada halal bil halal di Kantor Basarnas Ternate, Jumat.

Dia mengungkapkan jajarannya selalu siap. "Jika ada permintaan, pasti diterjunkan personel ke Sulawesi Utara untuk bisa membantu mengevakuasi warga yang terdampak erupsi Gunung Ruang, khususnya di Pulau Tagulandang,"ujar Fathur.

Menurutnya, Provinsi Maluku Utara merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sulawesi Utara, khususnya wilayah Kabupaten Sitaro.

Untuk itu pihaknya selalu siap untuk mengerahkan personel ke lokasi bencana dan bersama-sama mengevakuasi warga yang terdampak erupsi Gunung Ruang. 

Saat ini Tim SAR gabungan di Sulawesi Utara terus melakukan evakuasi warga yang terdampak akibat erupsi Gunung Ruang, khususnya di Pulau Tagulandang, Kabupaten Sitaro.

Setelah Gunung Ruang ditetapkan statusnya dari Siaga Level III menjadi Awas Level IV oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada Rabu (17/04) malam,  masyarakat sekitar di Pulau Tagulandang, khususnya yang berada di tepi pantai diminta evakuasi ke lokasi yang lebih aman dari radius enam kilometer.

Hal itu dilakukan untuk menghindari potensi lontaran batuan pijar dan awan panas serta runtuhan dari tubuh gunung setinggi 725 meter dari permukaan laut (mdpl) itu.

Pewarta : Abdul Fatah
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024