Manado (ANTARA) - Kondisi Terminal Malalayang Manado, Sulawesi Utara (Sulut) dalam keadaan aman dan terkendali dalam melayani penumpang mudik Lebaran tahun 2024.

"Sampai saat ini situasi terminal aman dan terkendali," kata Komandan Jaga Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan Terminal Malalayang Iptu Djefry Mamangkey, di Manado, Selasa.

Ia mengatakan, sampai saat ini belum ada gangguan kamtibmas di terminal tersebut serta belum menerima aduan dari masyarakat pemudik yang mengalami tindak pidana pencurian, atau lainnya.

Petugas juga selalu memberikan imbauan kepada para penumpang, untuk menjaga keamanan dan ketertiban masing-masing dengan antara lain memperhatikan barang-barang bawaan.

"Petugas juga terus melakukan patroli di terminal itu untuk menjaga keamanan," katanya.

Menurut Djefry, untuk memberikan rasa aman dan nyaman para pemudik, petugas kepolisian juga bersama-sama dengan instansi terkait melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan bus yang akan membawa pemudik.

Pihaknya juga terus berkoordinasi dengan instansi terkait pihak terminal, dan sampai saat ini untuk arus penumpang berjalan berjalan lancar, baik penumpang bus antar kota antar provinsi maupun bus antar kota dalam provinsi.

Terkait keberadaan Pos Pelayanan dan Pengamanan Terminal tersebut, ia mengatakan, selain terdapat petugas kepolisian juga ada antara lain anggota TNI AD, dari Dinas Kesehatan Kota Manado, Kementerian Perhubungan dan lainnya.

Di pos tersebut, setiap harinya petugas Dinas Kesehatan Manado juga memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan baik kepada pengendara dan kernet bus maupun penumpang yang akan mudik.
 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024