Manado (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Utara (Sulut) menyerahkan sertifikat hak cipta atas karya seni batik desain batik tradisional khas Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Penyerahan sertifikat itu dilakukan Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kemenkumham Sulut John Batara kepada Bupati Boltim Sam Sachrul Mamonto, di Manado, Selasa.

Plh Kemenkumham Sulut John Batara mengatakan bahwa kekayaan intelektual memiliki peran penting dalam mendukung daya saing bangsa.

"Penyerahan sertifikat tersebut adalah bentuk perlindungan hukum bagi para pencipta karya," katanya.

Batara juga menyebutkan bahwa pencatatan hak kekayaan intelektual adalah bukti komitmen Kemenkumham dalam mendukung program-program pemerintah.

"Terutama dalam perlindungan kekayaan intelektual," katanya.

Bupati Boltim Sachrul Mamonto menyampaikan rasa terima kasih kepada Kemenkumham Sulut dan berharap kerja sama seperti ini dapat terus ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang.

"Pencatatan hak cipta tidak hanya bermanfaat untuk perlindungan kekayaan intelektual, tetapi juga untuk keuntungan ekonomi Kabupaten Boltim," katanya.

Pada kesempatan itu, seluruh pimpinan turut menjelaskan tentang tugas kantor wilayah Kemenkumham Sulut kepada Bupati Boltim.

Kemudian diserahkan memorandum of understanding (MoU) antara Kantor Wilayah Kemenkumham Sulut dengan Pemerintah Kabupaten Boltim, sebagai komitmen bersama dalam melindungi kekayaan intelektual dan memperkuat kerja sama antar instansi.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024