Manado (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sulawesi Utara (Sulut) mencanangkan Aksi Keselamatan Jalan Tahun 2024 di Manado, Jumat.

Pencanangan aksi ini bersamaan dengan pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Samrat 2024 di Lapangan Presisi Polda Sulut, Manado.

Pencanangan aksi yang dipimpin Irwasda Polda Sulut Kombes Pol. Bayu ini diikuti oleh personel Polri, TNI, dinas perhubungan, satpol PP, Jasa Raharja, dispenda, komunitas masyarakat, dan anggota Pramuka Saka Bhayangkara.

Dirlantas Polda Sulut Kombes Pol. Rachmad Iswan Nusi mengajak seluruh masyarakat agar menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas.

"Kami mengajak seluruh unsur masyarakat, seluruh kelompok masyarakat, seperti Pramuka, komunitas ojek, dan komunitas masyarakat lainnya, bersama menggaungkan tertib keselamatan di jalan," kata Rachmad.

Dalam pencanangan tersebut, seluruh peserta apel yang hadir mengucapkan Deklarasi Aksi Keselamatan Jalan 2024.

Adapun isi dari Deklarasi Aksi Keselamatan Jalan 2024, intinya mereka sebagai duta pelopor keselamatan berikrar dan berjanji setia kepada Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, dan siap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia".

Kedua, bersama Kepolisian Negara Republik Indonesia ikut menjaga ketertiban lalu lintas jalan. Ketiga, saling menghargai dan menghormati hak pengguna jalan sesuai amanat UU Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009.

Keempat, siap menjadi garda terdepan terjun ke tengah masyarakat untuk memberikan sosialisasi, edukasi, dan partisipasi dalam mewujudkan lalu lintas yang aman dan berkeselamatan.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024