Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan lebat dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Sulawesi Utara.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi hingga tanggal 2 Maret 2024," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle, di Manado, Kamis.

Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang tersebut berpeluang terjadi di sebagian besar hingga 15 kabupaten dan kota di provinsi ujung utara Sulawesi tersebut.

Karena itu Ben berharap warga berhati-hati bila melakukan aktivitas saat cuaca ekstrem serta waspada terhadap ancaman bencana banjir, tanah longsor maupun pohon tumbang.

BMKG, kata dia, akan membantu masyarakat dan para pemangku kepentingan merilis informasi terkini terkait dengan potensi cuaca ekstrem kabupaten dan kota di provinsi tersebut.

Dia menjelaskan, di tanggal 29 Februari cuaca ekstrem berpotensi terjadi di Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Kepulauan Sitaro dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Keesokan harinya, di Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sitaro dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Selanjutnya di tanggal 2 Maret, hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang diperkirakan terjadi di seluruh wilayah kabupaten dan kota di Sulut.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024