Manado (ANTARA) - Wakapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Jan de Fretes  mengharapkan tim audit kinerja dapat memberikan masukan yang berguna dan bermanfaat bagi kemajuan dan peningkatan kinerja Polda Sulut beserta jajaran.

"Kepada para kepala satuan kerja (kasatker) tingkat Polda dan kewilayahan, saya harapkan dapat mempersiapkan satker  sehingga kegiatan audit kinerja Itwasda ini dapat berjalan dengan lancar dan transparan sebagaimana yang diharapkan," kata Wakapolda saat memimpin taklimat awal audit kinerja tahap I tahun 2024 oleh Itwasda Polda Sulut, di Manado, Kamis.

Wakapolda mengatakan kegiatan ini adalah audit atas pengelolaan keuangan negara, pelaksanaan tugas dan fungsi Polri untuk mencapai aspek kehematan, efisiensi, dan efektivitas, serta dapat mengetahui sejauh mana keberhasilan pencapaian sasaran yang telah ditetapkan dengan baik dan benar.

Menurut dia, yang menjadi sasaran dalam audit ini adalah aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian yang meliputi bidang sumber daya manusia, sarana prasarana, operasional dan anggaran di semua satker jajaran Polda Sulut.

"Kegiatan audit kinerja ini merupakan momentum yang paling tepat kita melakukan introspeksi serta evaluasi guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan program kegiatan dan anggaran, memperkecil penyimpangan serta meningkatkan integritas maupun sinergi antar fungsi," kata Wakapolda.

Audit kinerja juga, lanjut Kapolda, merupakan salah satu fungsi kontrol agar mekanisme kerja yang ada di lingkungan Polri tidak keluar dari rencana yang telah ditetapkan.

Pada taklimat awal yang dilaksanakan di aula Tribrata Polda Sulut tersebut Wakapolda Jan de Fretes didampingi Irwasda Kombes Pol Bayu, dan dihadiri oleh para pejabat utama Polda Sulut dan para Kapolresta, Kapolres jajaran.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024