Manado (ANTARA) - Pemerintah Kota Tomohon memperingati HUT ke-21 berdirinya Kota Tomohon sebagai daerah otonom, dengan melakukan Upacara Bendera saat hujan mengguyur Lapangan Babe Palar, Tomohon Selatan, Sabtu (27/1).

Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk saat sambutan mengatakan momentum Syukur Hari Jadi Kota Tomohon yang diperingati setiap tahun merupakan milik seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon. 

“Karena terbentuknya Kota Tomohon pada tahun 2003 merupakan hasil perjuangan kita semua terutama para pejuang Kota Tomohon yang terdiri dari tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, para pemimpin pemerintahan maupun Dewan Perwakilan Rakyat di daerah dan pusat, yang representasi masyarakat Kota Tomohon”, ujar Caroll.

Ia mengatakan, atas nama Pemerintah dan Masyarakat Kota Tomohon menyampaikan penghargaan serta apresiasi yang tinggi terhadap para pejuang Kota Tomohon.

“Sejak pembentukan Kota Tomohon dan sampai saat ini, terus bersama pemerintah untuk terwujudnya masyarakat Kota Tomohon yang semakin maju, dan sejahtera”, tambahnya.

“Berbagai keberhasilan di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, pariwisata, pertanian, yang ditunjang dengan manajemen pengelolaan keuangan dan sumber daya aparatur yang semakin baik telah terjadi selama 21 tahun”,ujarnya.

Pengakuan dan penghargaan dari Pemerintah Pusat dan Provinsi serta apresiasi dari segenap komponen masyarakat, karena partisipasi aktif seluruh masyarakat, kerja sama antara Pemerintah dan DPRD Kota Tomohon, serta didukung sepenuhnya oleh seluruh ASN dan Pegawai Non ASN termasuk perangkat Kelurahan yang ada di Kota Tomohon. 

“Ke depan marilah bersama menciptakan sinergitas dalam menyukseskan segala program dan agenda pembangunan untuk mensejahterakan masyarakat Kota Tomohon menuju Tomohon Maju, berdaya saing dan sejahtera” jelasnya.

Saya selaku Wali Kota atas nama Pemerintah Kota Tomohon menyampaikan selamat hari jadi ke 21 Kota Tomohon kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Tomohon, semoga Tuhan yang maha kasih akan senantiasa memberkati kita sekalian dan memberkati Kota Tomohon tercinta.

Selesai upacara dilanjutkan dengan Launching LBP SIMPEGNAS (Location Based Presence) Absensi ASN Berbasis Lokasi, dan Penandatanganan Prasasti sejumlah Proyek Pembangunan Tahun 2023, yaitu:

- Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Lokasi Kel. Kakaskasen 2
- Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Lokasi Kel. Woloan 1
- Pembangunan Gedung Olahraga Lokasi Kec. Tomohon Barat
- Pembangunan Lapangan Tenis Kota Tomohon  Lokasi Kompleks Kantor Walikota Tomohon
- Pembangunan Laboratorium Komputer Lokasi SD Inpres Taratara 1
- Pembangunan Toilet Lokasi SD GMIM Kayawu
- Pembangunan Laboratorium IPA Lokasi SMP Kristen Rurukan
- Pembangunan Ruang Tata usaha Lokasi SMP Kristen Rurukan
- Pembangunan Area Bermain Lokasi TK Katolik Frater Don Bosco Tomohon
- Pembangunan ruang gueu dan Ruang Kepala Sekolah Lokasi TK Katolik Frater Don Bosco
- Pembangunan Gedung UKS Lokasi TK Baitlahim Talete
- Taman Bermain TK GMIM Baitlahim Talete

Hadir dalam Upacara, Wadanrindam 13 Merdeka Kolonel Infantri Daniel Lumbanraja, Kapolres Tomohon AKBP Lerry Tutu bersama ketua Bhayangkari Ny. Fanny Lerry, Kajari Tomohon Alfonsius Gebhard Loe Mau, Dandim 1302 Minahasa Letkol Infantri Mutakbir, Koordinator Wilayah BIN Tomohon Letkol Ahmad Firgaus.

Wakil Ketua DPRD Kota Tomohon Johny Runtuwene bersama Anggota DPRD Kota Tomohon, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tomohon Olva Moningka, Mewakili Ketua Pengadilan Negeri Tondano Panitera Muda Pidana Deivid Losu.

Ketua TP PKK Kota Tomohon drg JeandArc Senduk-Karundeng, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE ME bersama Ketua dharma wanita persatuan Kota Tomohon Prisilia Thirsa Roring - Rawung.

Para Mantan Walikota dan Wakil Wali Kota Tomohon, para mantan Sekretaris Daerah Kota Tomohon.

Seluruh instansi vertikal hadir, Pimpinan BUMN dan BUMD.

Para Pejuang Kota Tomohon, tokoh agama, tokoh masyarakat, Pengurus TP PKK Kota Tomohon dan anggota, Pengurus dharma wanita persatuan Kota Tomohon dan anggota, Staf Khusus Walikota, Para ASN dan Tenaga Kontrak.
 

Pewarta : Hannie Watung
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024