Manado (ANTARA) -
Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV mengimbau warga empat daerah di Sulawesi Utara waspada curah hujan tinggi periode 21-31 Januari 2023.
 
"Warga di Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kota Manado, dan Kabupaten Minahasa Selatan diharapkan mewaspadai curah hujan tinggi antara 150-200 milimeter per dasarian," kata Kepala BBMKG Wilayah IV, Irwan Slamet dalam rilis yang dibagikan dalam grup percakapan 'BMKG dan Stekeholder' di Manado, Senin.
 
Dia berharap, warga di daerah-daerah berpotensi curah hujan tinggi mewaspadai terhadap potensi bencana hidrometeorologi.
 
Dia menjelaskan, secara umum wilayah Sulawesi Utara pada pada dasarian II Januari 2024 terdapat delapan zona musim yang sedang mengalami musim hujan.
 
Daerah-daerah tersebut mencakup Kota Bitung, Kota Manado, Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Utara, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur, Kota Tomohon, Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Kepulauan Sitaro, Kepulauan Sangihe, Kepulauan Talaud.
 
Saat ini, jelas Irwan, El Nino masih aktif dengan intensitas sedang (moderate) dan diprediksi akan bertahan pada intensitas moderate hingga awal tahun 2024.
 
Sedangkan kondisi 'Indian Ocean Dipole' (IOD) berada pada status positif dan diprediksi menuju netral setidaknya hingga pertengahan tahun 2024.
 
"Kiranya informasi ini bisa dijadikan kewaspadaan dan pertimbangan untuk melakukan langkah mitigasi dampak ikutan dari kondisi tersebut. Apabila memerlukan informasi lebih rinci terkait dengan informasi iklim, prakiraan cuaca dan peringatan dini dapat menghubungi kantor Unit Pelaksana Teknis BMKG terdekat," ajaknya.
 

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024