Manado (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Manado mengimbau masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang sedang terjadi di daerah itu.

Kepala Basarnas Manado Montje Brury, di Manado, Selasa, mengatakan akhir-akhir ini cuaca ekstrem hujan deras dengan angin kencang terjadi di daerah itu.

"Oleh karena itu mengimbau masyarakat Sulut untuk selalu waspada terhadap kondisi cuaca ini," katanya.

Ia menambahkan terutama warga yang tinggal di daerah rawan bencana seperti bantaran sungai atau kali, untuk selalu waspada akan terjadinya banjir atau tanah longsor.

Kemudian bagi masyarakat yang akan bepergian menggunakan kendaraan agar tetap berhati-hati, selalu waspada terhadap adanya pohon tumbang dan tanah longsor pada beberapa titik yang sering terjadi.

"Mengimbau agar hati-hati, jika terjadi angin kencang dan hujan deras, untuk menghindari jalur-jalur tersebut, jangan sampai terjadi pohon tumbang dan longsor," katanya

Ia mengatakan, bagi masyarakat yang berada di pesisir pantai, maupun nelayan yang beraktivitas mencari ikan di laut, pastikan kondisi perahu, kapal dalam keadaan baik.

Selain itu untuk selalu mengupdate keadaan atau kondisi cuaca yang dikirimkan, disampaikan BMKG,

"Jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, bisa menghubungi Basarnas Manado melalui call center 115 ataupun langsung telepon ke Kantor Basarnas Manado," kata Brury.

 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024