Manado (ANTARA) - Kantor Urusan Agama (KUA) terus memperkuat moderasi beragama dan pelayanan kepada umat di Kabupaten Bolaang Mongondouw Utara (Bolmut), Provinsi Sulawesi Utara.

"Rencana program tahun 2024 KUA Sangkub, Bolmut akan terus memperkuat sosialisasi moderasi beragama dan pelayanan prima pada masyarakat," kata Kepala KUA Sangkub Bachtiar Mokoginta, di Sangkub, Kabupaten Bolaang Mongondouw Utara, Rabu.

Dia mengatakan penguatan moderasi beragama yang menjadi salah satu program prioritas Kementerian Agama.

Menurutnya, KUA sebagai unit kerja Kemenag di wilayah kecamatan harus 'bergerilya' hingga ke desa untuk memberikan pemahaman dan penguatan moderasi beragama bagi masyarakat setempat.

Dia mengatakan pihaknya akan terus mengevaluasi capaian pelaksanaan pendampingan sertifikasi halal bagi pelaku usaha mikro kecil dan  menengah (UMKM) di wilayah Kecamatan Sangkub.

Ia mengingatkan kembali kepada penyuluh dan pendamping proses produk halal (PPPH) untuk terus melakukan sosialisasi dan pendampingan agar semua pelaku usaha di Kecamatan Sangkub dapat mengantongi sertifikat halal.

Ia mengajak jajarannya untuk peningkatan kinerja pelayanan masyarakat di Kantor KUA Sangkub, juga peningkatan mutu pelayanan dalam penyuluhan keagamaan bagi penyuluh agama Islam dan Kristen, baik ASN maupun nonASN.

Dia berharap di tahun 2024 semua elemen dan pemangku kebijakan Kementerian Agama dapat membantu menyukseskan program Kemenag Bolmut, dan tetap menjaga marwah Kemenag terutama di tahun politik ini.

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024