Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan seluruh wilayah Sulawesi Utara dilanda cuaca ekstrem pada tanggal 5-6 Januari 2024.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem, warga diharapkan berhati-hati," ujar Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle di Manado, Rabu.

Warga diharapkan berhati-hati apabila melakukan aktivitas dalam kondisi cuaca ekstrem karena berpotensi terjadi banjir, tanah longsor dan pohon tumbang.

"Kami berharap warga yang tinggal di daerah rawan di kawasan dataran tinggi seperti bukit, daerah curam serta daerah bantaran sungai," ajaknya.

Hingga periode tersebut, kata dia, diprakirakan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Cuaca ekstrem di tanggal 4 Januari 2024 berpeluang terjadi di Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Sementara di tanggal 5-6 Januari diperkirakan terjadi di Kota Manado, Kota Tomohon, Kota Bitung, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan dan Kabupaten Minahasa Tenggara.

Selanjutnya, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024