Manado (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di perairan Sulawesi Utara dan sekitarnya.
 
"Diharapkan mewaspadai gelombang tinggi antara 1,25 sampai 2,5 meter hingga tanggal 3 Januari 2023," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Maritim Bitung, Ricky D Aror, di Manado, Selasa.
 
Ricky menyebutkan, pola angin dominan bergerak dari utara - timur dengan kecepatan berkisar antara enam hingga 20 knot.
 
Gelombang antara 1,25 meter hingga 2,5 meter diperkirakan terjadi di wilayah perairan Laut Sulawesi bagian timur, perairan utara Kabupaten Kepulauan Sangihe, perairan utara dan timur Kabupaten Kepulauan Talaud dan Laut Maluku bagian utara.
 
Dia berharap, warga mewaspadai risiko terhadap keselamatan pelayaran, misalkan perahu nelayan memperhatikan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.
 
Kapal tongkang memperhatikan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter.
 
Kapal Feri, kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter, serta kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar memperhatikan kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 meter.
 
"Masyarakat dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di daerah area peringatan dini diharapkan mempertimbangkan kondisi tersebut," ujar Ricky.

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024