Manado (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Setyo Budiyanto memberikan pembekalan kepada 290 siswa Diktukba Polri Gelombang II T.A. 2023 Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Sulut, pada Selasa (19/12).


Arahan dan pembekalan berlangsung di Graha Dotulong SPN Polda Sulut, dihadiri para Pejabat Utama Polda Sulut beserta para gadik, instruktur, dan pengasuh SPN Polda Sulut.

Kapolda Sulut Setyo Budiyanto dalam arahannya, menerangkan banyak hal. 

Di antaranya tugas pokok Polri sesuai Pasal 13 UU RI Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia. Yakni, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.

“Kalau kita paham hal itu menjadi tugas pokok kepolisian, maka setiap kita melangkah yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas, kita akan tahu. Misalnya tugas pemeliharaan kamtibmas seperti pengaturan, patroli, pengawalan, tugas pelayanan kepada masyarakat seperti pembuatan SKCK, SIM, dan lainnya,” kata Kapolda.

Dalam kesempatan ini, Kapolda Sulut juga meminta seluruh siswa angkatan 50 batalyon Satya Bhakti yang akan dilantik pada Kamis (21/12), untuk menjaga kekompakan, soliditas, dan solidaritas dengan baik.

“Selamat kepada kalian yang sebentar lagi akan dilantik menjadi bintara remaja. Saya yakin pengalaman yang sudah didapat di SPN ini bisa menjadi sebuah bekal dan pedoman untuk pelaksanaan tugas-tugas ke depan. Tunjukkan bahwa angkatan 50 lebih baik dibandingkan angkatan sebelumnya. Bawa hal-hal baik itu sampai nanti pada saat penugasan. Tetap semangat, jangan kendor, saling mengingatkan karena itu adalah modal utama untuk bisa menjaga dan menjalankan organisasi kepolisian khususnya Polda Sulut,” kata Kapolda.

Usai pembekalan oleh Kapolda, dilanjutkan pembekalan oleh Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut  Henny Setyobudi.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024