Manado (ANTARA) - Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Sam Ratulangi Marsma TNI Ramot CP Sinaga, mengatakan kesatuan akan berjalan  dengan baik apabila setiap personel turut ambil bagian sesuai tugas dan tanggung jawab yang telah diamanahkan

“Agar seluruh personel mengetahui dan memahami tugas Lanud Sam Ratulangi yaitu menyiapkan dan melaksanakan pembinaan dan pengoperasian seluruh satuan dalam jajarannya, pemberdayaan wilayah pertahanan wilayah pertahanan udara serta menyelenggarakan dukungan operasi udara bagi satuan lainnya,” kata Danlanud Ramot Sinaga saat  'entry briefing' dalam mengawali tugas di 'bumi nyiur melambai’  yang diikuti seluruh personel, baik Perwira, Bintara, Tamtama, dan PNS Lanud Sam Ratulangi, di Manado, Senin.

Ia menambahkan kita harus mengetahui tugas dan memahami apa yang harus dilakukan sesuai bidangnya masing-masing untuk mendukung terlaksananya tugas tersebut.

“Karena ketika sudah mengerti maka mengetahui apa yang harus diperbuat selanjutnya,” katanya.

Danlanud mengatakan, akan meneruskan program dan kebijakan pejabat sebelumnya sekaligus mempelajari situasi kondisi Lanud Sam Ratulangi untuk lebih meningkatkan kinerja dalam rangka mendukung terwujudnya TNI Angkatan Udara yang disegani di kawasan.

“Mari bersama-sama lakukan yang terbaik untuk Lanud Sam Ratulangi, berpikir inovatif, kreatif untuk kemajuan satuan, serta mendukung terciptanya keselamatan terbang dan kerja,” katanya.

Kesemuanya itu, lanjut Danlanud,  akan tercipta apabila seluruh personel memiliki loyalitas yang tinggi, saling bekerja sama, saling mendukung, saling berkoordinasi dengan baik, dan apabila terdapat kendala atau permasalahan dapat disampaikan secara bertahap sesuai jalur komando.

Ciri khas seorang prajurit adalah kedisiplinan yang harus dimulai dari diri sendiri.

 Apabila rasa disiplin sudah mendarah daging, maka segalanya akan berjalan secara teratur, baik disiplin waktu, disiplin pola hidup meliputi pola makan, pola istirahat serta pola pikiran, termasuk disiplin menjaga kebersihan yang meliputi kebersihan pribadi dan kebersihan lingkungan baik lingkungan kantor maupun perumahan.

“Lingkungan yang bersih dan indah akan meningkatkan taraf kesehatan bagi orang yang menempatinya dan meningkatkan produktifitas dalam bekerja, sehingga mari kita jaga kebersihan,” katanya.

Selanjutnya, Danlanud Sam Ratulangi menekankan untuk “Do The Best, Let God Do The Rest” yaitu lakukan yang terbaik di setiap pelaksanaan tugas dan serahkan segala sesuatunya kepada Tuhan, karena Tuhan akan memberikan yang terbaik bagi umat-Nya yang setia berdoa kepada-Nya.

 Untuk itu, diharapkan seluruh personel dalam  mengawali setiap tugas dengan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa


Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024