Manado (ANTARA) - Direktorat Polairud Polda Sulawesi Utara (Sulut) melaksanakan kegiatan "Sapu Bersih Sampah Laut" di sepanjang pesisir Kelurahan Tandurusa dan perairan Selat Lembeh, Kecamatan Aertembaga, Kota Bitung, Jumat.

Direktur Polairud Polda Sulut Kombes Pol Kukuh Prabowo melalui Kasubdit Patroli AKBP Alfianto DJ mengatakan selain personel Polairud, kegiatan ini juga diikuti oleh unsur pemerintah dan sejumlah elemen masyarakat, yang peduli dengan kebersihan lingkungan.

Pada kegiatan ini ratusan kilogram sampah organik dan nonorganik dibersihkan oleh puluhan personel Ditpolairud, pemerintah, dan warga.

"Untuk sampah yang kami bersihkan, jenis organik dibakar pada tempat yang sudah disiapkan, sedangkan nonorganik diangkut oleh mobil sampah milik Dinas Lingkungan Hidup Kota Bitung dan dibawa ke tempat pembuangan akhir," katanya.

Dalam kegiatan ini, personel Polairud juga menggunakan Kapal Patroli (KP) XV-102 dan satu unit perahu karet, yang menyisir Selat Lembeh dan Pantai Tandurusa.

Ia juga mengajak masyarakat agar terus peduli dengan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan.

"Pantai memberikan berbagai sumber daya alam yang penting bagi kehidupan manusia, sehingga apabila lingkungannya dijaga akan berdampak pada keindahan alam. Hal itu dapat meningkatkan potensi wisata dan membantu masyarakat pesisir dalam meningkatkan perekonomian," katanya.



Kegiatan ini melibatkan Pemerintah Kelurahan Tandurusa, Dinas Lingkungan Hidup Kota Bitung, dan elemen masyarakat lainnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Polairud Polda Sulut laksanakan "Sapu Bersih Sampah Laut" di Bitung

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024