Manado (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) Manado melaksanakan assessment national cccreditation process (NAP) untuk meningkatkan kemampuan personel dalam penanganan korban bencana.

Kepala Basarnas Manado Montje Brury, di Manado, Rabu, mengatakan kesigapan dalam upaya untuk penanganan musibah atau bencana gempa bumi, diharuskan kesiapan tim Basarnas untuk penanganan lebih cepat mengevakuasi korban yang terkena dampak gempa bumi tersebut.

"NAP ini dilaksanakan guna melatih tim Basarnas, untuk penanganan korban yang terkena dampak gempa bumi. Kegiatan ini digelar dari 18-22 September 2023 bertempat di Kantor Basarnas Manado," katanya

Dia mengatakan kegiatan NAP tersebut untuk meningkatkan kemampuan personel Basarnas Manado dalam kerja secara singkat di gedung runtuh pada saat terjadi gempa bumi.

Tujuan NAP dilaksanakan untuk melihat kemampuan personel Basarnas dalam bekerja secara cepat dan cepat sesuai aturan yang ada.

"Berharap semua personel bisa bekerja secara maksimal agar bisa mendapatkan sertifikasi legalitas internasional di bidang pencarian dan pertolongan," katanya.

Selain di Manado, kegiatan serupa juga dilaksanakan pada tiga tempat lainnya masing-masing Kantor Basarnas Palembang, Padang dan Mataram.


 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024