Manado (ANTARA) - Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Setyo Budiyanto mengatakan kegiatan Polisi Cilik sangat bermanfaat dalam rangka membentuk disiplin berlalu lintas.

“Lomba Polisi Cilik ini adalah kegiatan yang sungguh bermanfaat, bukan hanya untuk anak-anak peserta, tetapi juga buat Polda Sulut. Karena anak-anak ini merupakan kader masa depan dalam rangka berdisiplin berlalu lintas,” kata Kapolda saat membuka Lomba Polisi Cilik menyambut Hari Ulang Tahun ke-68 Polisi Lalu Lintas Bhayangkara di Manado, Kamis.

Kapolda mengatakan, melalui kegiatan ini, anak-anak belajar tentang masalah ketertiban, belajar tentang peraturan lalu lintas, belajar tentang disiplin.

“Harapannya paling tidak bisa menjadi sebuah motivasi bagi yang lain, bisa mengingatkan kepada teman, orang tua, masyarakat bahwa ketertiban berlalu lintas itu merupakan hal yang utama karena berkaitan erat dengan keselamatan,” katanya.

Direktur Lalu Lintas Polda Sulut Kombes Pol Rachmad Iswan Nusi mengatakan kegiatan lomba Polisi Cilik ini adalah salah satu bentuk pendidikan di dalam bidang lalu lintas.

“Kegiatan ini dicanangkan oleh Korlantas Polri , serta ini juga sebagai sarana untuk melatih kedisiplinan sejak usai dini,”katanya.

Sebelum mengikuti lomba ini, lanjut dia, anak-anak telah dilatih di Satuan Lalu Lintas jajaran Polres Polda Sulut.

Anak -anak dibekali latihan fisik, mental dan disiplin sehingga dapat membentuk karakter anak-anak.

“Dengan diberikan pelatihan bak latihan berkaitan dengan mental dan fisik maupun berkaitan di bidang lalu lintas, diharapkan anak-anak dapat menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas serta dapat menjadi cikal bakal masyarakat yang sadar akan keselamatan dalam berlalu lintas,” katanya.

Lomba Polisi Cilik Polda Sulut tahun 2023, yang merupakan rangkaian kegiatan HUT ke-68 Polisi Lalu Lintas Bhyangkara tersebut diikuti 13 Polresta-Polres jajaran Polda Sulut.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024