Manado (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Utara melakukan manasik guna meningkatkan kualitas ibadah haji calon jamaah haji (CJH) di Kabupaten Minahasa Utara.

Kepala Kanwil  Kemenag Provinsi Sulawesi Utara Sarbin Sehe, di Manado, Rabu, mengingatkan jamaah haji untuk menguasai ilmu manasik, menjaga kesehatan, guna meningkatkan kualitas ibadah.

Serta, kata Kakanwil, mengisi tabungan haji sebagai persiapan haji tahun 1445 H/ 2024 M, karena pada bulan Mei 2024 jamaah haji mulai diberangkatkan ke tanah suci.

Ia mengatakan manasik haji ini untuk memberikan pemahaman menyeluruh tentang persiapan menjalani ibadah haji, rincian biaya haji, serta manasik haji.

Dia mengatakan Kemenag secara aktif berpartisipasi dalam sesi penyuluhan dan memberikan pandangan serta penjelasan terkait berbagai aspek perjalanan ibadah haji.

"Salah satu fokus utama dari penyuluhan ini adalah penguraian tentang rincian biaya haji dan perjalanan haji," jelasnya.

Sarbin Sehe memberikan penjelasan detail bahwa biaya haji mencakup komponen seperti transportasi, akomodasi, makanan, dan layanan lainnya selama berada di Tanah Suci.

Pemerintah berusaha keras menjaga agar biaya haji tetap terjangkau.

"Kami memahami bahwa haji adalah kewajiban agama dan kami berkomitmen membantu warga Sulawesi Utara dalam mewujudkannya," katanya.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024