Manado (ANTARA) - KPU Kota Manado menggencarkan sosialisasi tentang pemilu bagi warga setempat, melalui sebuah program yang bernama "Rabu bacarita pemilu" di 11  kecamatan. 

"Kami sudah meluncurkan kegiatan tersebut, Rabu siang, di Kecamatan Malalayang, dengan lokasi di Malalayang beach walk," kata Komisioner KPU Manado, Ramli Pateda, di Manado, Rabu. 

Pateda mengatakan, kegiatan tersebut akan dilakukan secara berkelanjutan sampai Februari 2024 nanti, untuk mengingatkan warga Kota Manado, terutama para pemilih, agar mau menggunakan hak suaranya, pada 14 Februari nanti. 

Dia menjelaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan di semua kecamatan dan mengambil lokasi strategis, yang banyak dikunjungi orang, sehingga masyarakat bisa mendengarkan dan bertanya langsung kepada penyelenggara Pemilu. 

"Bukan hanya soal waktu pemilu tetapi semua tahapan, dan yang berkaitan dengan pesta demokrasi bisa ditanyakan di acara Rabu bacarita pemilu," katanya. 

Pateda menambahkan, dengan kegiatan tersebut, KPU sangat berharap masyarakat akan berpartisipasi aktif dalam semua tahapan pemilu, bukan hanya sekadar pada tanggal 14 Februari saja. 

Misalnya kata Pateda, jika ada yang masih bingung dengan pindah memilih atau bagaimana pemilih yang baru akan berusia 17 tahun pada Februari 2024 nanti, atau mau pindah tempat tinggal saja, tetapi masih di Kota Manado atau bahkan keluar negeri untuk suatu tugas, atau lainnya bisa datang ke lokasi Rabu Bacarita Pemilu, dan menanyakan langsung. 

"Karena nanti di situ, ada KPU yang menjawab secara virtual, sedangkan PPK dan PPS langsung di lokasi, jadi bisa bertanya akan mengajukan keluhan seputar persiapan Pemilu nanti," tegasnya. 

Lokasi pelaksanaan program sosialisasi Rabu Bacarita Pemilu, yang ditetapkan adalah, Malalayang di MBW, Mapanget di Kampus politeknik, Paal Dua di pasar segar, Wenang di kompleks jalan roda, Wanea di pasar Karombasan, Tuminting kompleks Boulevard Dua Karang Ria, Bunaken di deramaga timur Bunaken, Singkil di SMK Discovery, Bunaken Darat di jalan Baru Boulevard Molas menuju arah Boulevard Dua.    

 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024