Manado (ANTARA) - Perum Bulog Divre Sulawesi Utara dan Gorontalo (Sulutgo) bersama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut, mulai menyalurkan bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) tahap II tahun 2023.

"Bulog bersama pemerintah Sulut secara serentak meluncurkan bantuan pangan CBP tahap II dan akan segera disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM)," kata Kadis Pangan Sulut Jemmy Lampus, di Manado, Senin.

Dia mengatakan, pemerintah, Bulog dan jasa angkutan sudah siap menyalurkan beras CBP di Sulut.

"Stok beras di Gudang Bulog sangat aman dan mampu menyalurkan beras CBP," katanya.

Hal ini dilakukan sesuai dengan instruksi Presiden RI Joko Widodo untuk menjaga agar inflasi tetap stabil, serta stabilisasi harga di pasaran.

Pimpinan Wilayah Perum Bulog Drive SulutGo Abdul Muis Ali mengatakan bantuan ini akan disalurkan kepada 151.899 KPM dengan total beras hampir 5.000 ton.

Dia mengatakan penerima manfaat ini akan mendapatkan beras secara gratis selama tiga bulan ke depan, yakni mulai September, Oktober dan November 2023.

"Masing-masing KPM akan menerima 10 kilogram beras setiap bulan selama tiga bulan," kata Abdul.

Abdul menjelaskan hal ini dilakukan untuk menjaga agar tidak ada lonjakan harga di tingkat pedagang, karena di beberapa daerah harga beras mulai mengalami peningkatan.

Sehingga, katanya, pemerintah melakukan langkah antisipasi ini, sehingga inflasi tetap terkendali, salah satunya melalui bantuan pangan tersebut.

Tanggung jawab Perum Bulog Divre Sulut adalah penyediaan dan mendistribusikan beras beserta transporter dan berkoordinasi dengan pemerintah pusat.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024