Manado, 23/1 (AntaraSulut) - Asisten Direktur Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) Ignatius Adhi mengatakan realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) hingga November 2014 mencapai Rp1,19 triliun.

"BRI paling besar realisasi KUR di Sulut yakni 67,33 persen dari keseluruhan kredit KUR yang tersalur," kata Ignatius di Manado, Jumat.

Ia mengatakan KUR yang disalurkan BRI ada dua jenis yakni ritel dan mikro, paling besar adalah usaha mikro yang tersebar pada 15 kabupaten dan kota.

Untuk KUR ritel oleh BRI sebesar Rp182,45 miliar dengan debitur sebanyak 929 orang, sedangkan khusus KUR mikro terealisasi pinjaman sebesar Rp1,01 triliun dan jumlah debitur mencapai 109.380 orang.

"Hal ini menandakan BRI mampu menjangkau usaha kecil mikro hingga ke pelosok desa di Sulut," katanya.

Selain BRI, katanya, masih ada tujuh penyalur KUR di Sulut yakni Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Mandiri, Bank Tabungan Negara (BTN), Bank Syariah Mandiri, Bank Sulut dan Bank Papua.

Secara total realisasi KUR di Sulut hingga November 2014 oleh enam bank umum dan dua Bank Pembangunan Daerah (BPD) sebesar Rp1,74 triliun, katanya, sambil menmbahkan dat tersebut berdasarkan laporan dari Kementerian Perekonomian. ***3***


Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024