Manado,31/12 (AntaraSulut) - Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Brigjen Pol Jimmy Palmer Sinaga meluncurkan kampanye aksi keselamatan tertib berlalu lintas di Manado, Rabu.

Jimmy Sinaga mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai suatu gerakan kemanusiaan guna menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan.

"Dengan kegiatan ini mengajak seluruh instansi dan pemangku kepentingan di bidang lalu lintas serta para komunitas dan masyarakat pencinta tertib berlalu lintas, untuk senantiasa solid, bahu membahu dalam rangka melaksanakan perannya masing-masing guna menekan angka kecelakaan lalu lintas," katanya.

Dia menambahkan, baik berupa kebijakan-kebijakan publik maupun teknik operasional di jalan raya dan pendidikan bagi masyarakat tentang wawasan berlalu lintas yang baik dan benar.

Jimmy Sinaga mengatakan, permasalahan lalu lintas seperti bertambahnya jumlah kendaraan, kurangnya moda transportasi massal, jaringan jalan dan rendahnya kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas, perlu adanya perhatian yang serius dari berbagai pihak terkait.

"Sekecil apapun permasalahan bidang lalu lintas yang timbul, pada akhirnya akan dapat menimbulkan potensi terjadinya kemacetan bahkan kecelakaan lalu lintas di jalan raya, terutama yang dapat mengakibatkan korban jiwa dan kerugian materil," katanya.

Menurut Kapolda, guna mengatasi permasalahan lalu lintas tersebut, perlu dilakukan berbagai macam upaya secara bersama-sama oleh para pemangku kepentingan di bidang lalu lintas serta masyarakat, bersatu untuk menciptakan situasi keamanan, keselamatan dan ketertiban lalu lintas (Kamseltibcar lantas) dengan memberdayakan seluruh potensi dan sumber daya yang ada.

"Perlu adanya koordinasi agar dapat diambil suatu langkah yang komprehensif dan dapat menyelesaikan permasalahan lalu lintas secara tuntas," katanya.

Lounching kampanye aksi keselamatan tertib berlalu lintas tahap tiga yang dilaksanakan secara serantak di Indonesia itu mengangkat semboyan �Menuju Indonesia tertib, bersatu keselamatan nomor satu".

Kampanye aksi keselamatan tertib berlalu lintas tahap tiga ini merupakan lanjutan dari dua tahap kampanye yang telah dilaunching beberapa waktu lalu.

Yaitu tahap pertama dengan semboyan "Jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan".

Serta tahap kedua dengan semboyan "Saya pelopor keselamatan berlalu lintas".

Hadir pada kegiatan yang dipusatkan kawasan MCC Boulevard Manado tersebut antara lain Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Kepala PT Jasa Raharja Sulut Herwan Muldidarmawan serta pejabat utama Polda Sulut.@antarasulut.com

Pewarta : oleh Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024