Manado (ANTARA) - PLN UID Sulawesi Utara Sulawesi Tengah Gorontalo (Suluttenggo) menyiapkan ribuan personil guna memberikan pasokan listrik andal dalam perayaan HUT ke-78 RI di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Suluttenggo JA Ari Dartomo, di Manado, Rabu, menjelaskan PLN selalu berupaya meningkatkan keandalan pasokan listrik dalam berbagai kegiatan termasuk dalam menyukseskan peringatan HUT RI ke-78 pada setiap lokasi-lokasi strategis.

Dartomo menjelaskan, untuk memastikan keandalan listrik dalam peringatan HUT RI, PLN Suluttenggo mengerahkan sebanyak 1.599 petugas yang terdiri dari 427 personel PLN, serta sebanyak 1.172 orang personel yang tergabung dengan Tenaga Alih Daya dan Mitra Kerja yang tersebar di 103 posko siaga di wilayah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

"Kami selalu siaga penuh, baik secara sistem kelistrikan, peralatan pendukung, maupun personel yang terlibat langsung di lapangan," ucap Dartomo.

PLN telah melakukan koordinasi dengan seluruh pihak terkait di sejumlah lokasi vital peringatan HUT RI. Simulasi juga telah dilaksanakan untuk memastikan peralatan pendukung serta jaringan listrik dalam kondisi baik.

"PLN sudah melakukan beberapa tahapan untuk memastikan listrik aman saat acara mulai dari pemeliharaan, simulasi, bahkan gladi," tambah Dartomo.

Tak hanya itu, untuk memperkuat kelistrikan pada rangkaian HUT ke-78 RI, PLN juga telah menyiapkan 10 Uninterruptible Power Supply (UPS) dengan masing-masing daya sebesar 250 kVA, 41 Unit Gardu Berjalan (UGB) daya 200 kVA serta 55 unit Genset.

Checkpoint Siaga pada Rabu (16/8) pun di gelar sebagai bentuk monitoring dalam memastikan tidak ada satu pun potensi gangguan teknis kelistrikan.

"Kami juga melakukan check point sehingga kondisi kesiapan di lapangan dapat dilaksanakan dengan baik melalui sinergi dan kesiapan yang matang," pungkas Dartomo.

Pasokan listrik yang andal menjadi komitmen PLN untuk terus berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. PLN akan selalu siap mendukung berbagai kegiatan penting terutama dalam peringatan HUT ke-78 RI yang menjadi agenda nasional di berbagai wilayah.

ddPLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024