Manado (ANTARA) - Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Lutfhie Beta mengatakan pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa(TMMD) mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat yang semakin kuat

Dengan mengangkat tema “Sinergi lintas sektoral mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat semakin kuat", kegiatan TMMD ke-117 ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk menjalin Kemanunggalan TNI dengan Rakyat," kata Kasdam
saat paparan kesiapan Satgas TMMD ke-117 Kodam XIII/ Merdeka, yang disampaikan para Dansatgas TMMD, di Manado, Senin.

Untuk itu, katanya para prajurit yang tergabung dalam Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-117 untuk melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab serta menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan dan kegotongroyongan. 

Pada saat itu, Kasdam juga menginstruksikan kepada Dandim 1309/Manado dan Dandim 1304/Gorontalo selaku Dansatgas TMMD Ke-117 untuk menjadikan kegiatan TMMD sebagai sarana untuk mempererat kerja sama yang baik dengan pemerintah daerah dan instansi terkait.

Sehingga sasaran TMMD yang ditentukan benar-benar dapat membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah.

TMMD Ke-117 akan dilaksanakan pada tanggal 12 Juli-10 Agustus 2023 secara serentak, dan untuk wilayah Kodam XIII/Merdeka dilaksanakan di dua Kodim yaitu di Kodim 1309/Manado dan Kodim 1304/Gororntalo.

Untuk Kodim 1309/Manado mempunyai tiga sasaran fisik diantaranya perintisan jalan dari poros Kelurahan Bengkol ke Kampung Lahendong sepanjang 800 meter dengan lebar enam meter, renovasi Masjid Al-Ihsan di Kelurahan Bengkol dan renovasi Gereja Eklesia di Kelurahan Pandu.

Sedangkan Kodim 1304/Gorontalo terdapat dua sasaran fisik yaitu pembuatan dan pelebaran jalan di Desa Kemiri panjang 900 meter dan lebar 2,5 meter.

Selain sasaran fisik masing-masing Kodim juga mempunyai sasaran non fisik diantaranya penyuluhan dan sosialisasi.

Dalam kegiatan TMMD Ke-117, juga diadakan lomba karya jurnalistik, yang akan diikuti oleh para Dansatgas TMMD dan wartawan media elektronik, cetak, dan online baik nasional maupun daerah.

Kapendam XIII/Merdeka Kolonel Arm Beny H. Suwardi, mengatakan tujuan diadakan lomba karya jurnalistik yaitu untuk memperbesar publikasi TMMD agar masyarakat tahu, dan mengerti tentang kegiatan TMMD dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu kategori lomba dari 50 peserta Dansatgas TMMD untuk enam pemenang, dan media elektronik, media cetak dan online untuk enam pemenang.

Hadir dalam paparan itu baik secara langsung maupun virtual antara lain, Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Denny Masengi, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono, Danrem 133/NW Brigjen TNI Totok Sulistyono, Kapoksahli Pangdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Patar Sahat Panggabean, para Asisten Kasdam XIII/merdeka, para Komandan/Kabalakdam XIII/Merdeka serta Dandim 1309/Manado dan Dandim 1304/Gorontalo

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024