Manado (ANTARA) - Wakil Kepala Polda(Wakapolda) Sulawesi Utara(Sulut), Brigjen Pol Jan de Fretes melantik 152 siswa Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gelombang I TA 2023, menjadi anggota Polri pangkat Brigadir Polisi Dua untuk meningkatkan pelayanan polisi ke masyarakat. 

"Melalui penambahan jumlah personel ini, diharapkan penyebaran pelayanan publik semakin meningkat dan kehadiran polisi di tengah lingkungan sosial akan semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Wakapolda de Fretes saat upacara penutupan kegiatan berlangsung di Sekolah Polisi Negara (SPN) Karombasan  Manado, Kamis.

Upacara penutupan pendidikan ditandai dengan penanggalan tanda siswa, pemasangan tanda pangkat efektif, pengalungan kalung medali dan pengambilan sumpah sebagai anggota Polri oleh Wakapolda serta penandatanganan berita acara sumpah anggota Polri.

Wakapolda Jan de Fretes mengatakan penutupan pendidikan ini diselenggarakan secara serentak di Sepolwan, Pusdik Brimob dan Pusdik Polair Lemdiklat Polri serta SPN Polda.

"Dengan berakhirnya program pendidikan pembentukan ini, maka Polri telah berhasil menambah personel golongan pangkat bintara dan tamtama sebanyak 9.098 orang, terdiri atas 8.458 polisi laki-laki dan 640 polisi wanita. Dan khusus di Polda Sulut sebanyak 152 orang polisi laki-laki," kata dia.

Hal ini, lanjut Wakapolda, menjadi suatu kekuatan strategis untuk menunjang pelaksanaan tugas Polri agar lebih optimal.

Wakapolda menyampaikan selamat kepada para Bintara Remaja Polri yang telah berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian pendidikan pembentukan selama lima bulan di SPN Polda Sulut dengan baik.

"Mulai hari ini, pada diri mereka telah melekat identitas dan kehormatan profesi serta tugas dan tanggung jawab sebagai Bhayangkara Negara yang dituntut untuk senantiasa harus mampu diaktualisasikan dalam setiap sikap, tutur kata dan perilaku hidup, baik dalam kedinasan maupun di luar kedinasan, sehingga mampu menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat," katanya.

Dari hasil kelulusan siswa Diktuk Bintara Polri Gelombang I TA 2023 di SPN Polda Sulut ini, empat siswa dinyatakan meraih prestasi.

Untuk Siswa Teladan diraih Ronaldo J. Lanongbuka, Siswa Cendekia diraih Muhammad Rizky Suwandi, Siswa Trengginas diraih Riandy Pondaag dan Siswa Tertabah diraih Switly Kumurur.

Upacara diikuti oleh 152 siswa yang dilantik menjadi anggota Polri dan dihadiri para Pejabat Utama Polda, Bhayangkari dan orang tua siswa yang dilantik.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024