Manado (ANTARA) -
Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan pemerintah daerah terus berupaya optimal mewujudkan layanan kesehatan berkualitas di provinsi tersebut.

"Di bidang kesehatan, pemerintah daerah terus meningkatkan akses layanan kesehatan secara merata bagi masyarakat," ujar Gubernur Olly di Manado, Rabu.
  Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw (kedua kiri). ANTARA/HO-DKIPS
Menurut dia, beragam langkah strategis dalam harmonisasi transformasi kesehatan antara pemerintah pusat, provinsi serta kabupaten dan kota terus dirumuskan.

Hal itu, kata dia, sebagai langkah menuju Sulut yang sehat dan sejahtera sebagai pintu gerbang di Asia Pasifik.

"Pemerintah daerah terus berkomitmen memenuhi akses layanan secara profesional menuju derajat kesehatan yang berkualitas," ujarnya. Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey. ANTARA/HO-DKIPS
Selain itu, pemerintah daerah juga akan terus mendukung transformasi sistem layanan kesehatan oleh Kementerian Kesehatan termasuk transformasi layanan kesehatan primer, layanan rujukan, pembiayaan, sumber daya manusia, dan teknologi bidang kesehatan.
  Wagub Steven Kandouw.
Gubernur Sulut akan terus menopang kegiatan-kegiatan di bidang kesehatan dalam rangka peningkatan layanan yang dilakukan di kabupaten dan kota.

"Perlu koordinasi baik antara pemerintah pusat, provinsi serta kabupaten dan kota agar mendapatkan hasil yang baik pula. Tugas pemerintah adalah melayani kebutuhan dasar masyarakat salah satunya di bidang kesehatan, " katanya.
  (Foto ist)

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024