Sitaro (ANTARA) - Bupati Evangelian Sasingen mendukung program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan ‘Pesiar’ di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Program Pesiar singkatan dari Petakan, Sisir, Advokasi, dan Registrasi ini, merupakan implementasi program berfungsi memastikan sistem jaminan sosial, sampai ke seluruh warga di tapal batas.

Ini merupakan Pilot Project dan telah di launching di Desa Lai, Kecamatan Siau Tengah pada 14 Juni 2023 lalu.

Pada kegiatan itu, Bupati Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen dan Kepala Cabang  Utama BPJS Kesehatan Manado drg. Betsy M.O. Roeroe.

“Ini pilot project dan Desa Lai terpilih karena masuk kategori Desa Maju,” jelas Betsy.

Betsy menjelaskan ‘Pesiar’ merupakan program dengan menyisir dan memantau sampai pada proses sosialisasi langsung ke warga di Desa.

“Yang utama disasar itu warga yang masih tidak aktif BPJS,” katanya.

Desa Lai sendiri, menurut Betsy, dengan jumlah 613 jiwa diketahui ada di kisaran 200 lebih warga yang belum terdaftar atau keanggotaan tidak aktif.

“Saat ini setelah program pesiar jumlah cakupan sudah mencapai 96 persen. Meski begitu Lai bukan menjadi desa satu satunya di Sitaro,” jelas dia.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Sitaro Evangelian Sasingen yang terus mendukung Program BPJS Kesehatan.

“Ibu Bupati merespon dengan baik dan hadir pada saat launching ini pertanda program ini sudah sangat siap dijalankan di Sitaro,” ujar dia.

Bupati Sitaro Evangelian Sasingen berharap seluruh warga di kabupaten bahari ini bisa terbantu dengan adanya program ‘Pesiar’.

“Saat ini tidak ada alasan untuk tidak mendukung hal yang baik bagi masyarakat," kata bupati.

"Sebab dengan adanya program ini semoga keanggotaan akan bertambah dan cakupan akan menyeluruh, sehingga semua masyarakat tidak ada beban saat berobat ke fasilitas kesehatan,” katanya lagi.(*)

Pewarta : Stenly RM Gaghunting
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024