Manado (ANTARA) - Polda Sulawesi Utara (Sulut) menggelar bakti sosial serentak dalam menyambut Hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023, dengan menyasar masyarakat kurang mampu.

Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto, di Manado, Senin, mengatakan hari ini kita melaksanakan bakti sosial, dimana kegiatan ini merupakan rangkaian telah dilakukan beberapa waktu lalu seperti khitanan massal, donor darah, bakti kesehatan.

"Sekarang kita melaksanakan bakti sosial dengan total bantuan sosial dari Polda Sulut dan Polresta, Polres jajaran yang diberikan kepada warga masyarakat sebanyak 7.450 paket kata Kapolda usai melepas penyaluran bantuan yang dihadiri para Pejabat Utama Polda Sulut, Bhayangkari, pimpinan ormas serta penerima bantuan.

Kapolda mengatakan bakti sosial ini tidak hanya memberikan bingkisan saja, tetapi ada juga kegiatan membersihkan tempat-tempat ibadah, jumlahnya kurang lebih ada 140 terdiri dari gereja, masjid, pura, klenteng, dan vihara yang dilakukan oleh sekitar 1.500 anggota.

Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan wujud nyata kepedulian Polri dalam hal ini Polda Sulut dan jajaran kepada warga masyarakat.

“Kita ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa menjelang Hari Bhayangkara ke-77 ini tidak hanya sekadar pelaksanaan tugas saja, tapi apa yang menjadi kebutuhan masyarakat kita mencoba memberikan, meskipun secara terbatas, tapi ini menunjukkan kepedulian,” kata Kapolda.

Selain itu lanjut Kapolda, Polda Sulut dan jajaran dalam rangkaian Bulan Bakti Polri Presisi ini juga melakukan program bedah rumah.

“Bedah rumah itu Polda Sulut ada empat, kemudian Polres- Polres pun juga melakukan hal yang sama. Termasuk pembuatan sumur bor di wilayah Mapanget,” katanya.

Pada kesempatan ini pula, Kapolda mengajak warga masyarakat agar turut menjaga situasi keamanan dan ketertiban.

“Masalah Kamtibmas itu memang tugas pokoknya ada di Polri. Tapi sekali lagi, Kamtibmas juga tidak akan bisa terwujud dengan baik kalau tidak ada partisipasi dan peran serta dari seluruh komponen masyarakat,” katanya.

Menurutnya, kontribusi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban bisa dilakukan melalui berbagai cara.

“Tentu masyarakat juga harus memberikan kontribusi untuk menjaga keamanan di lingkungannya masing-masing. Kemudian kalau ada perkara atau ada informasi tentang situasi yang tidak kondusif, bisa melaporkan kepada pihak kepolisian setempat, itu adalah bentuk kontribusi yang bisa diberikan masyarakat kepada Polri,” kata Kapolda.

Kegiatan bakti sosial dalam rangkaian Bulan Bakti Polri Presisi ini dipusatkan di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri Jakarta, yang diikuti seluruh Polda jajaran secara serentak melalui video conference.

Diawali dengan penyerahan dan pemberangkatan penyaluran bantuan sosial oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Sebelum penyerahan dan pemberangkatan, Kapolri juga berdialog dengan beberapa Kapolda jajaran serta para penerima bantuan.

Sementara itu usai mengikuti video conference, Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto menyerahkan bantuan secara simbolis kepada para perwakilan penerima, dilanjutkan dengan melepas pemberangkatan penyaluran bantuan sosial, di depan lobi utama Mapolda Sulut.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut Henny Setyobudi turut menyerahkan bantuan sosial dalam rangka menyambut Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-71 tahun 2023.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024