Manado (ANTARA) - Direktur Utama (Dirut) PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulawesi Utara dan Gorontalo (BSG) Revino Pepah, berkomitmen mendukung pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) naik kelas di daerah tersebut.

"Selain memberikan pinjaman dengan bunga rendah yakni kredit usaha rakyat (KUR), juga kami melakukan beberapa kegiatan yang melibatkan UMKM," kata Revino, di Manado, Senin.

Revino mengatakan belum lama ini BSG melakukan Kegiatan KUR Festival 2023 yang melibatkan sejumlah UMKM baik Sulut maupun Gorontalo.

"Kegiatan KUR Fest 2023 ini, kami laksanakan selama tiga pekan di pusat perdagangan Kota Manado, tepatnya di halaman Dinas Pariwisata Manado," katanya.

Dirut mengatakan selama kurang lebih tiga pekan, masyarakat Kota Manado sangat antusias dengan dengan hadirnya festival UMKM ini. 

Festival yang bertema “Jepang” ini merupakan momen yang istimewa karena dilaksanakan seiring dengan momentum HUT BSG ke-62 untuk menciptakan sebuah konsep yang dapat memberdayakan sektor usaha rakyat yang dibiayai oleh BSG dan dapat dinikmati oleh masyarakat.  

"Diambil tema Jepang dalam rangka sinkronkan dengan rilis produk terbaru BSG yakni Tabungan BSG Sakura yang berhadiah ke Jepang," jelasnya. 

Tujuan utama festival ini adalah agar masyarakat dapat melihat bahwa melalui program kredit usaha rakyat BSG, para pelaku UMKM bertumbuh dan berkembang. 

Dalam KUR Festival 2023 ini, katanya, UMKM binaan BSG berhasil meningkatkan omzet selama KUR Fest ini berlangsung, dan testimoni dari para pelaku usaha adalah bahwa mereka berterima kasih telah diberikan kesempatan untuk berjualan tanpa dipungut biaya apapun dan berharap kegiatan dapat berkelanjutan. 

Selain menjadi wadah bagi para pelaku UMKM untuk berjualan, KUR Fest ini juga menjadi wadah bagi para karyawan BSG untuk menampilkan kreativitas konsep untuk menarik pengunjung agar mampir ke lokasi festival.

Beragam lomba, penampilan musik, dan kegiatan olahraga dilaksanakan oleh Cabang-cabang BSG yang bergantian bertugas setiap harinya. 

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang terlibat dalam penyelenggaraan festival ini, seluruh unit kerja cabang yang terlibat. Semua keberhasilan yang kita raih saat ini adalah hasil dari kolaborasi kita yang kuat dan komitmen untuk memajukan BSG," jelasnya. 

Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada semua peserta festival, khususnya kepada para pelaku UMKM yang telah menjadi inspirasi bagi. "Kami berkomitmen untuk terus mendukung dan memperkuat usaha-usaha kalian," jelasnya.

Acara penutupan KUR Festival 2023 dihadiri oleh Kepala OJK SulutGoMalut Winter Marbun, Direktur Utama BSG Revino Pepah, Direktur Umum BSG Joubert Dondokambey, para pejabat eksekutif dan pemimpin cabang se-wilayah Manado. 
 

Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024