Manado (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) mengharapkan lulusan madrasah di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) akan terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara H Sarbin Sehe, di Manado, Minggu, mengatakan, pihaknya meminta agar pendidikan yang diemban tidak berhenti, tetapi harus dilanjutkan hingga jenjang tertinggi.

"Siswa-siswi harus sekolah, berkelanjutan hingga jenjang tertinggi karena anak-anak punya masa depan yang perlu disiapkan agar mampu bersaing dengan dunia global karena kehidupan ini dinamis, terus berubah," kata Sarbin.

Dirinya berpesan kepada para wali siswa agar mendukung penuh pendidikan anak-anak, apapun minat dan bakatnya.

"Ayo kita sekolahkan anak-anak kita, jangan hentikan langkah mereka," ajaknya.

Selain itu, Kakanwil juga memberi pesan khusus bagi siswa-siswi peserta penamatan. Ia mengajak untuk menyambut masa depan tiga hal. Pertama, terus belajar. Masa depan gemilang dapat diraih dengan pendidikan. Tidak ada masa depan tanpa pendidikan.

"Pendidikan ini banyak macam. Baik formal ataupun non-formal. Baik pendidikan agama maupun pendidikan umum, semua dipelajari. Banyak-banyaklah membaca," kata Sarbin.

Kedua, dekat dengan Al-Qur'an. Juz 30 yang telah dihafal hendaknya dijadikan modal dasar untuk pengembangan juz-juz selanjutnya, jangan berhenti di juz 30 saja.

Ketiga, rajin beribadah kepada Allah SWT. Kakanwil berpesan bahwa rajin beribadah, berbakti kepada kedua orang tua, dan rajin belajar merupakan kunci menuju kesuksesan.

"Ibadah merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah karena telah menciptakan, memelihara, mengangkat manusia sebagai khalifah di Bumi, serta mengizinkan manusia untuk mengambil manfaat yang disediakan oleh alam,” kata Sarbin.

Sebanyak 57 orang siswa mengikuti penamatan dan 24 orang siswa mengikuti wisuda tahfidz. Acara berlangsung meriah dengan menampilkan berbagai atraksi seni berupa tarian daerah dan marching band.

Sebelumnya, Kakanwil berterima kasih dan mengapresiasi semangat dan perjuangan para guru dan tenaga pendidik, yang menjadi bagian yang tidak terelakkan dari kesuksesan peserta didik dan kemajuan pendidikan.

Ia mengajak untuk bersama-sama lebih meningkatkan praktek beragama di madrasah.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024