Manado (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan tes kebugaran bagi calon jamaah haji (CJH) di Kabupaten Bolaang Mongondouw Selatan (Bolsel), Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Kepala seksi Penyelenggara Haji dan Umroh kantor Kementerian Agama Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Achmad Ma’sum Makspeke, di Bolaang Uki, Sabtu, mengatakan pelaksanaan tes kebugaran ini diawali pemeriksaan tekanan darah dan denyut nadi, tinggi badan (TB), berat badan (BB), yang diperiksa oleh Tim Kesehatan Puskesmas Molibagu yang dipimpin oleh dr. Sri Susanti Sugeha dan tim Dalviyani.

Setelah itu para CJH diberi nomor tanda peserta untuk melakukan pemanasan, yang bertujuan untuk menyiapkan otot-otot tubuh agar tidak terkejut atau terjadi cedera karena aktivitas fisik yang berat dan mendadak.

Pemanasan tersebut dilakukan secara bersama-sama sebanyak 8 orang CJH yang dipandu oleh petugas dari Puskesmas.

Tes kebugaran calon jamaah haji ini sangat penting dilakukan untuk melatih fisik para jamaah, serta memberikan edukasi bagaimana cara olah raga yang baik bagi calon jamaah agar para jamaah juga dapat melakukan oleh raga ini dengan rutin.

''Kita berharap mudah-mudahan dengan kegiatan ini para calon jamaah sadar akan pentingnya kesehatan dan fisik yang kuat sebelum berangkat haji, sehingga bukan hanya bekal ilmu manasik haji saja yang mereka siapkan tetapi juga bekal kesehatan,'' katanya.

Dokter Sri Susanti menyampaikan, tes kebugaran ini bertujuan untuk menilai ketahanan dan kekuatan fisik seseorang.

Tes ini juga, katanya, berguna untuk meningkatkan kinerja jantung, paru-paru dan otot.

"Kami dapat melihat kebugaran serta kesehatan para calon jamaah haji, sehingga para calon haji dapat memiliki kondisi kesehatan yang optimal menjelang keberangkatan sampai kembalinya di kampung halaman nantinya,” papar Dokter Sri.

Dokter Sri juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kerjasama Kementerian Agama Kabupaten Bolsel dengan Dinas Kesehatan Kabupaten dalam menghadirkan CJH untuk mengikuti tes kebugaran ini.

Mudah-mudahan koordinasi dan kerjasama ini akan terus berlanjut dan lebih baik lagi, dalam upaya melayani dan membantu para jamaah dalam meraih haji dan hajjah mabrur.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024