Manado (ANTARA) - Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Utara H Sarbin Sehe mengatakan maksimalkan fungsi Masjid sebagai pusat kehidupan manusia di daerah Kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulut.

"Saya mengajak jamaah untuk memaksimalkan fungsi masjid dengan menjadikan sebagai pusat kehidupan, baik ekonomi, sosial, pendidikan," kata Sarbin.

Dia mengatakan dan peradaban sekaligus memberdayakan masjid menjadi yang ramah serta, membawa kemanfaatan bagi masyarakat sekitar.

Ia mengharapkan masjid tak hanya menjadi tempat ibadah tapi juga menjadi tempat membangun peradaban umat dan ramah bagi semua kalangan dan usia.

Masjid memiliki umat, katanya, kedudukan, peran dan fungsi yang tidak salah jika bermanfaat bagi umatnya dalam membentuk kesalehan sosial melalui Masjid.

Oleh karena itu, tidak salah jika Masjid dimaksimalkan lagi fungsinya.

"Masjid harus menjadi tempat yang bersahabat, juga tempat mengerjakan berbagai urusan. Di masa Rasulullah bahkan urusan ekonomi dikerjakan di Masjid," ungkapnya.

"Maka dari itu tidak salah jika kemudian kita jadikan Masjid sebagai pusat dari segala urusan yang kita kerjakan," sambungnya lagi.

Dirinya mengharapkan adanya peningkatan tata kelola Kemasjidan yang lebih berperan dalam kemaslahatan umat.

Terakhir, Kakanwil menyerahkan bantuan Al-Quran dan infaq bagi pengurus Masjid Al-Anshar.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024