Manado (ANTARA) - Industri hotel di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) memfasilitasi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dalam memasarkan produk unggulan.

"Kami menyediakan Pojok UMKM, untuk memajang semua produk unggulan," kata General Manager Aston Manado, I Nyoman Bandisa Sastika, di Manado, Selasa.

Dia mengatakan Hotel Aston Manado tidak hanya mengejar bisnis saja, namun berupaya menggerakkan perekonomian hingga ke pelaku UMKM.

Dia menjelaskan Pojok UMKM merupakan salah satu komitmen Aston dalam mengejawantahkan motto "Si Tou Timou Tumou Tou" yang artinya manusia hidup menghidupkan orang lain.

“Bahwa Aston juga bisa menjadi partner bagi banyak UMKM yang punya produk-produk menarik dan siap dipasarkan bersama kami disini,” ucap Bandisa.

Dirinya pun menyebut bahwa para UMKM yang bermitra akan dibantu pemasaran produknya oleh resepsionis maupun hotelier dari Aston Manado.

“Kita menargetkan dari para tamu, dimana saat ini banyak tamu yang ingin membeli oleh-oleh tapi bingung mau beli dimana, nah ini kita siapkan di hotel kita,” ungkap Bandisa.

Tersedianya tempat belanja produk UMKM di Hotel tentu memudahkan para tamu maupun wisatawan yang ingin berbelanja oleh-oleh khas dari Sulawesi Utara.

Menariknya juga, dengan adanya Pojok UMKM di Aston Manado para mitra UMKM tidak perlu membayar sewa dan pemasaran produk mereka.

“Hingga saat ini sudah ada 36 produk yang kami jual, tetapi kami menargetkan kedepannya bisa ada sekira 50 hingga 100 produk yang bisa dipilih oleh pembeli,” tutur Bandisa.

Tak hanya berbagai macam produk olahan makanan, Pojok UMKM Aston Manado juga menyediakan minuman herbal, minyak VCO, kain tenun hingga asesoris hasil UMKM se-Sulut.

Inisiatif Aston Manado Hotel pun mendapat apresiasi dari Dinas Koperasi dan UKM Sulut.

“Pak Kepala Dinas bilang ini Hebat,” ucap Plh Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Sulut, Jahja Gultom.

Dirinya mengaku bahwa selama ini yang menjadi kendala dalam pembinaan UMKM ialah terkait pasar/market untuk pemasaran produk mereka.

“Dengan adanya pojok UMKM ini tentu memudahkan pelaku usaha, karena tidak perlu kesusahan mencari pasar sebab sudah ada di Aston Manado,” katanya.

Ia mengatakan yang terpenting agar para UMKM bisa mempertahankan kualitas dan bahkan meningkatkan sehingga bisa memiliki daya saing,” tutur Jahja.

Adapun Pojok UMKM ini bisa kalian temukan di samping resepsionis yang ada lantai 1 di Aston Hotel Manado.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024