Manado, 28/10 (AntaraSulut) - Harga kebutuhan pokok khususnya bahan-bahan pembuat kue kering di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) masih kondisi stabil dan tidak mengalami kenaikan berarti dua bulan jelang Natal dan Tahun Baru.

"Saat ini, harga gula pasir Rp11.500 per kilogram, minyak goreng Rp12.000 per kilogram, tepung terigu Rp9.000 per kilogram, telur ayam Rp1.350 hingga Rp2.500 per butir, susu kental manis Rp9.500 per kg, mentega 200 gram seharga Rp5.500 per bungkus," kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut, Hanny Wajong, di Manado, Selasa.

Hanny mengatakan harga kebutuhan bahan-bahan kue, di sentra perdagangan Kota Manado masih cukup stabil dan mampu memenuhi permintaan konsumen.

"Saat ini, permintaan akan bahan-bahan tersebut sudah cukup tinggi, karena sebagian masyarakat mulai membuat kue natal, baik perorangan maupun industri kecil," jelasnya.

Oleh karena itu, kata Hanny, pihaknya akan terus mengawasi dan memantau agar stok berbagai kebutuhan tersebut selalu tersedia, sehingga permintaan pasar yang cukup tinggi sekalipun akan mampu dipenuhi.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan para distributor yang ada di Manado, agar menyiapkan kebutuhan pokok hadapi Natal dan Tahun Baru, lebih banyak dibandingkan hari biasa," katanya.

Setiap hari, ada tim khusus Disperindag, yang akan memantau pergerakan berbagai kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional maupun swalayan di Kota Manado dan sekitarnya.

Eddy, pedagang di Pasar Pinasungkulan Karombasan, ota Manado mengungkapkan, mulai akhir bulan ini permintaan akan gula pasir, mentega dan tepung terigu mulai meningkat.

"Permintaan masyarakat akan bahan-bahan untuk membuat kue natal semakin tinggi," jelasnya.

Stok yang ada di tangan pedagang saat ini, katanya, masih cukup memenuhi permintaan konsumen yang terus meningkat akhir-akhir ini.***2***


Pewarta : Oleh Nancy Lynda Tigauw
Editor :
Copyright © ANTARA 2024