Manado, (ANTARA Sulut)  - Pemerintah Kota Manado dan Pemerintah Kabupaten Minahas Utara (Minut) sepakat menuntaskan batas wilayah antar kedua daerah tersebut, kata Kepala Biro Pemerintahan dan Humas Setda Provinsi Sulut, Lynda Wantania MSi.

Kesepakatan tersebut ditandai dengan penandatanganan berita acara penyelesaian batas dilakukan Sekda Minut Drs Jantje Rumambi dan Sekot Manado Ir Haervey Sendoh (21/10) di jalan Ring Road menjadi batas kedua daerah itu, kata HUmas Wantania di Manado, Rabu.

Kabiro Pemerintahan dan Humas Watania mengatakan, kesepakatan itu sesuai Peraturan Pemerintah No.22 Tahun 1998 Tentang perubahan batas wilayah Kotamadya Daerah Tingkat II Manado dan Kabupaten Daerah Tingkat II Minahasa.

Sebagaimana dijelaskan dalam pasal 2 (dua) Kemendagri Nomor 185.5.585 Tanggal 10 Juli 1988 Tentang penetapan batas baru secara pasti antarwilayah Kotamadya Daerah Tingkat II Manado dan Kabupaten Daerah Tingkat II Minahasa mulai dari patok batas P.1 terletak di tepi pantai laut Sulawesi, tepi hutan baku di lingkungan Bohowa Desa Tongkaina Kecamatan Wori dan seterusnya sampai dengan patok batas P.33 sampai dengan P.34 adalah di Kelurahan Ranomuut Kecamatan Manado Tengah.

Penyelesaian batas tersebut merupakan tindaklanjut dari pertemuan yang difasilitasi Biro Pemerintahan dan Humas dipimpin Sekprov Sulut Ir. Siswa R Mokodongan pada Senin lalu, kata Wantania.

Pemprov Sulut dalam waktu dekat juga akan menfasilitasi penyelesaian batas Kabupaten Minut dengan Kota Bitung yang berada di wilayah Kelurahan Tendeki dan Tontalete Rok-Rok, batas Kota Tomohon dan Kabupaten Minahasa di wilayah Kasuang serta batas Kabupaten Bolmong dengan Kabupaten Bolsel di Pilar Acuan Batas Utama (PABU) 30 hingga 38.

Watania menyebutkan, penyelesaian batas antar daerah yang belum selesai kiranya menyelesaikannya dengan hati bisa dituntaskan pada akhir tahun ini, sebagaimana diharapkan Gubernur Sinyo Sarundajang dan Wagub Djouhari Kansil.

Penandatanganan kesepakatan itu di hadiri Asisten I Minut Ir Ronny Siwi MSi, Kabag Pemerintahan Minut Edwin Ombu, Camat Kalawat, Camat Talawaan, Hukum Tua Maumbi, Paniki Atas, Paniki Baru, Mapanget dan Hukum Tua Wusa.

Sedangkan dari Kota Manado hadir Asisten I Drs Josua Pangkerego MSi, Kabag Pemerintahan Joudy Senduk, Camat Paldua, Camat Mapanget, Lurah Paldua, Kairagi I dan II, Kairagi Weru serta Lurah Paniki Bawah. ***1***



(T.K005/B/S023/S023) 22-10-2014 14:38:19

Pewarta : Oleh Joyce Bukarakombang
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024