Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga waspada potensi terjadinya cuaca ekstrem hingga tiga hari ke depan di Sulawesi Utara.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem mulai tanggal 21-23 April 2023 mendatang," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle di Manado, Sulawesi Utara, Kamis.

Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang tersebut berpeluang terjadi di sejumlah wilayah kabupaten/kota di Sulawesi Utara (Sulut).

Pada 21 April, potensi cuaca ekstrem berpeluang terjadi di Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.



Sementara keesokan harinya diprediksi hujan sedang hingga lebat melanda wilayah Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Sedangkan pada 23 April kondisi cuaca ekstrem seperti ini diperkirakan terjadi di Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

"Kami berharap warga mewaspadai ancaman bahaya bencana hidrometeorologi yang berpeluang terjadi saat cuaca ekstrem seperti banjir, tanah longsor, bahkan pohon tumbang," ujar Ben.

BMKG, kata dia, akan memberikan informasi terkini terkait dengan kondisi cuaca ekstrem melalui saluran-saluran informasi yang tersedia.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Waspada potensi cuaca ekstrem di Sulut pada 21-23 April

Pewarta : Karel Alexander Polakitan
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024