Manado (ANTARA) -  Pangkalan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi (Lanudsri) Manado menggandeng Rumah Sakit Sentra Medika Minahasa Utara menggelar donor darah dalam menyambut HUT ke-77 TNI AU.

 Komandan Lanudsri  Marsma TNI Muhammad Mujib, Selasa, mengatakan tindakan kemanusiaan ini hendaklah dijadikan kegiatan rutinitas antara TNI AU dan RS Sentra Medika.

  "Bukan hanya terbatas pada kegiatan peringatan hari-hari besar, namun juga dapat diagendakan untuk terus dilaksanakan. Lanudsri terus bersinergi dengan RS Sentra Medika menyuplai pasokan darah bagi masyarakat Sulawesi Utara, khususnya Kabupaten Minahasa Utara dalam kegiatan donor darah," katanya.

Direktur Utama RS Sentra Medika Internasional  Hospital  dr. Cecilia Narita mengatakan pasokan darah sangat dibutuhkan sebab permintaan sangat tinggi.  

"Hal ini  disebabkan oleh tuntutan pasien yang gagal ginjal, atau karena pandemi, dan kecelakaan," katanya. 

Pada kegiatan donor darah yang dilaksanakan di Rumah Sakit Sentra Medika tersebut selain dari Lanudsri, juga diikuti dari TNI, Polri serta PNS dan masyarakat di daerah itu.

Seperti dari Lantamal VIII Kairagi sebanyak empat orang, Polres Minahasa Utara 15 orang , Kodam XIII Merdeka sembilan orang, AirNav Sulut satu orang dan Bea Cukai Sulut dua orang.

Kemudian Ibu PIA Ardhya Garini satu orang,  masyarakat umum 11 orang dan dari TNI AU 21 personel.

Dari kegiatan bakti sosial donor darah itu, terkumpul sekitar 64 kantong darah. 

 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024