Manado (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) melakukan capacity building revitalisasi kantor urusan agama (KUA), di Kabupaten Bolaang Mongondouw Selatan, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Kemenag terus melakukan berbagai upaya terstruktur dalam meningkatkan kualitas layanan publik," kata Kepala Kemenag Sulut H Sarbin Sehe, di Manado,  Sabtu.

Dia mengatakan sehingga pihaknya menggelar kegiatan Capacity Building Revitalisasi dalam pemenuhan dan pengelolaan sarana prasarana KUA tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow  Selatan Tahun 2023.

"Capacity Building merupakan rangkaian proses yang dapat meningkatkan kemampuan seseorang, suatu organisasi atau suatu sistem untuk mencapai tujuan-tujuan yang dicita-citakan," kata Sarbin.

Oleh sebab itu, pihaknya berharap kegiatan ini dapat merubah pola pikir aparatur negara dalam upaya meningkatkan kualitas layanan publik.

Dia juga menekankan bahwa perubahan merupakan satu keniscayaan yang tentunya merubah berbagai pola interaksi sosial masyarakat.

Oleh sebab itu, katanya, ASN harus menjadikan tantangan perubahan tersebut, sebagai peluang untuk melahirkan berbagai terobosan dan inovasi layanan publik yang mudah, berkualitas, transparan serta berkualitas. 

Terkait dengan program revitalisasi KUA yang telah dicanangkan secara Nasional,  merupakan program Kementerian Agama dalam melahirkan tata kelola pemerintahan yang berorientasi pada kualitas layanan dengan peningkatan sarana prasarana, kualitas sumber daya manusia, sistem informasi, dan sejumlah program afirmatif di KUA yang bermanfaat bagi masyarakat.

Kegiatan ini diharapkan dapat diikuti dengan baik dan dapat menjadi saran peningkatan kompetensi aparatur negara dalam  mewujudkan Revitalisasi layanan KUA.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024