Manado (ANTARA) - Dinas Pangan Manado, lakukan pengujian rapid tes kit, pestisida dan formalin terhadap pangan segar asal tumbuhan (PSAT), di pasar rakyat dan moderen, untuk memastikan keamanannya.

"Dinas pangan rutin dan intens melakukan pengawasan keamanan pangan, dengan pengujian rapid tes kit, pestisida dan formalin, di pasar modern maupun rakyat, agar keamanan PAST benar-benar terjamin," kata Kepala Dinas Pangan Manado, Ir. Meisje Wollah, melalui Kepala Bidang Keamanan Pangan, Ir Herty Mamangkey, di Manado, Selasa.

Mamangkey mengatakan, dari pemeriksaan yang terus dilakukan terhadap PSAT, semuanya layak konsumsi karena terdeteksi tidak mengadung pestisida dan formalin.

"Artinya pangan segar tersebut aman untuk dikonsumsi masyarakat," tegasnya.

Di sisi lain, dia mengatakan, pangan segar asal tumbuhan yang mereka periksa itu antara lain beras, buah, sayu dan rempah. Semuanya aman untuk dikonsumsi.

Kabid Herty juga mengatakan selain melakukan pemeriksaan, dinas pangan Manado, juga terus menginformasikan kepada masyarakat kota, bahwa pangan segar asal tumbuhan yang dijual di pasar modern maupun rakyat itu layak dikonsumsi.

"Kami membagi-bagikan liflet yang berisikan informasi, bahwa pangan segar yang dijual di pasar rakyat dan modern itu aman dan bebas pestisida maupun formalin," katanya.

Pembagian liflet yang berisikan informasi itu, katanya, dilakukan di titik-titik penting seperti zero poin dan sejumlah lokasi lainnya.    

Dengan informasi tersebut kata Mamangkey, pihaknya yakin masyarakat tidak akan mudah tersesat dan terpengaruh dengan informasi yang sering beredar tanpa batas, di saat ini.


 

Pewarta : Joyce Hestyawatie B

Copyright © ANTARA 2024