Manado (ANTARA) - PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulawesi Utara dan Gorontalo (BSG) melakukan program "linkage" dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) guna mendorong pertumbuhan kredit pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Sulut.

 

"Kami telah melakukan penandatanganan kerjasama dengan BPR Prisma Dana dan BPR Modern Express Sulut mengenai Linkage Program Executing," kata Direktur Utama BSG Revino Pepah, di Manado, Minggu.

 

Revino mengatakan dengan adanya kredit linkage program diharapkan dapat mendorong pertumbuhan kredit terutama dalam sektor UMKM.

 

Ia menjelaskan BPR memiliki perhatian yang tinggi terhadap sektor UMKM yang saat ini membutuhkan dorongan dan dukungan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat terutama pascapandemi COVID-19.

 

"Harus diakui BPR dibentuk untuk menjangkau pelaku UMKM hingga pelosok desa," katanya.

 

Sehingga, BSG menjalin kerja sama dengan BPR untuk bisa menjangkau UMKM hingga pelosok di Sulut.

 

Linkage Program Executing, katanya, merupakan metode pembiayaan kepada perusahaan mitra di mana kemudian meneruskan kepada nasabah sebagai pengguna akhir

 

Sehingga, katanya, perusahaan mitra tercatat sebagai debitor bank sedangkan pembiayaan kepada pengguna akhir tercatat sebagai eksposur pembiayaan perusahaan mitra.
 


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024