Oleh Joyce Bukarakombang

Manado,  (ANTARA Sulut) - Pemerintah Kota Manado, Sulawesi Utara, mengajak koperasi yang ada di wilayah setempat untuk terus bersinergi guna turut membangun negeri.

"Koperasi sebagai pemangku kepentingan berbasis ekonomi kerakyatan sangat membantu dalam menegakkan roda perekonomian daerah kita," kata Sekretaris Daerah Kota Manado Haefrey Sendoh, dalam pelatihan manajemen koperasi di Manado, Rabu.

Haefrey mengatakan, sinergitas antara koperasi dan pemerintah adalah sebuah kekuatan ekonomi yang akan membawa kota Manado, menjadi semakin baik ke depan.

Apalagi, menurutnya, koperasi membuka banyak lapangan kerja sekaligus menyerap tenaga kerja, sehingga tujuan untuk membangun perekonomian dengan basis kerakyatan akan makin mantap.

Menurutnya dengan 921 koperasi yang ada di Manado, dan 521 yang aktif, maka koperasi menjadi sebuah kekuatan ekonomi berbasis kerakyatan yang kuat.

Haefrey mengatakan, pemerintah akan selalu memberikan dukungan dan membantu koperasi, sehingga dapat terus eksis bersaing di tengah cepatnya kemajuan ekonomi di Manado.

Bentuk bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada koperasi menurutnya adalah penguatan modal, sumber daya manusia dalam bentuk pelatihan manajemen koperasi serta peralatan.

Kepala Dinas Koperasi Usaka Mikro Kecil dan Menengah Kota Manado Ricky Poli mengatakan, pelaksanaan pelatihan manajemen koperasi adalah salah satu bentuk penguatan SDM oleh pemerintah.

Ia mengatakan, pelatihan SDM untuk koperasi dilakukan secara rutin setiap bulan, dengan peserta yang berbeda untuk meningkatkan kemampuan manajerial bagi pengurus agar bisa mengelola usahanya dengan baik.

"Setiap bulan kami melaksanakan pelatihan bagi 40 koperasi, selama setahun, agar bisa diikuti semua pengurus yang masih aktif," katanya. ***2***

(T.KR-JHB/B/T007/T007) 27-08-2014 15:51:56

Pewarta :
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024