Manado (ANTARA) - Bupati Minahasa Utara Joune Ganda meningkatkan koordinasi dalam mengendalikan inflasi di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Sehingga rapat koordinasi pengendalian inflasi tahun 2023 terus dilakukan sesuai dengan arahan pemerintah pusat," kata Bupati Minahasa Utara, di Airmadidi, Senin.

Rapat Koordinasi dilaksanakan dalam rangka membahas langkah konkret pengendalian inflasi di daerah tahun 2023.

Dia mengatakan salah satu yang menjadi permasalahan global di negara Indonesia terjadi akibat tingginya faktor ekonomi dan inflasi.

Adapun yang menjadi fokus untuk pengendalian inflasi tahun ini, sesuai arahan pemerintah pusat yakni di sektor pertanian, perdagangan, keuangan, sosial, perhubungan, ESDM, serta perencanaan pembangunan.

"Angka inflasi nasional sangat ditentukan dari kerja pemerintah pusat dan seluruh pemerintah daerah, sehingga peran pemerintah daerah sangatlah penting," katanya.

Ia menjelaskan adapun langkah-langkah Badan Pangan Nasional (BPN) dalam penguatan cadangan pangan nasional yaitu dengan mengoptimalkan kinerja Bulog untuk menyerap gabah/beras petani serta penerbitan regulasi pendukung penguatan cadangan pangan pemerintah.

Sehingga dengan ditetapkannya regulasi berupa Perpres 125/2022, dan Perbadan 15/2022 BUMN Pangan bersama BPN, penguatan cadangan pangan pemerintah setidaknya menjadi lebih stabil.

Pemerintah berharap di tahun 2023 bisa meningkatkan anggaran dan bisa memperkuat diberbagai wilayah agar inflasi dapat dikendalikan sesuai rencana.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024