Sitaro (ANTARA) - Asisten bidang Pemerintahan dan Kesra Sekda Sitaro, Novia Tamaka, mewakili Bupati setempat,  menghadiri kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah janji Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kabupaten itu.

Agenda dalam tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ini dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kepulauan Sitaro, Selasa (24/01) dan dihadiri para komisioner KPU, Ketua Bawaslu Sitaro Fidel Malumbot dan seluruh PPS se-Sitaro yang dilantik.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di tiga tempat berbeda yakni untuk wilayah Siau dilaksanakan di Aula Kantor KPU digelar secara langsung, Kantor GMIST Resor Sitim Ulu Siau dan wilayah Tagulandang serat Biaro secara virtual.

Asisten I Sekda dalam sambutan bupati, memberikan selamat kepada 279 PPS yang telah dilantik, semoga dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab.

"Sukses pemilu tahun 2024 tidak hanya dilihat dari segi prosedural semata, tetapi juga dari segi substansial," kata Tamaka, mengutip sambutan bupati.

Pada kesempatan ini, pemerintah daerah mengajak seluruh penyelenggara pemilu tahun 2024 di Kabupaten Kepulauan Sitaro dalam menyelenggarakan pemilu terikat dan wajib mematuhi kode etik.

"Ini sebagaimana tertuang dalam pasal 456 Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilu, serta peraturan bersama KPU, Bawaslu dan DKPPU Nomor 13 tahun 2012, nomor 11 tahun 2012 dan nomor 1 tahun 12," urainya.

"Sekali lagi selamat telah dilantik dan selamat menjalankan tugas dengan baik," katanya lagi.

Ketua KPU Sitaro, Stevanus Kaaro, usai melakukan pelantikan, berharap agar PPS yang dilantik dapat melaksanakan tugas dengan penuh dedikasi.

"Selain itu, karena lembaga ini adalah lembaga hirarki maka dalam melaksanakan tanggungjawab harus satu arahan atau satu komando," harap Kaaro.
 

Pewarta : Stenly RM Gaghunting
Editor : Hence Paat
Copyright © ANTARA 2024