Manado (ANTARA) - Kapolres Minahasa Utara, AKBP Bambang Yudi Wibowo menerima keluhan naiknya harga pakan ikan dari peternak  budi daya ikan air tawar desa Talawaan.

"Ada masukan dari peternak tentang kenaikan harga pakan ikan. Ini sangat berguna bagi kami dan kepolisian untuk bisa meningkatkan peran dari kepolisian dan TNI, apa yang kita bisa berbuat bagi masyarakat khususnya di Minahasa Utara," kata Yudi  di Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Jumat.

Kapolres mengatakan ini informasi yang bagus dan berguna, sehingga bisa diteruskan kepada pihak yang terkait.

Rudi salah seorang anggota kelompok budidaya ikan Eklesia Talawaan mengatakan harga pakan ikan saat ini terus merangkak naik.

"Saat ini harga pakan ikan satu karung dengan berat 50 kilogram harganya Rp575 ribu. Dibandingkan tiga bulan lalu sekitar Rp550 ribu berarti ada kenaikan sekitar Rp25 ribu," katanya.

Dia mengatakan dengan naiknya harga pakan itu, berpengaruh pada biaya operasional.Sementara harga jual ikan tidak mengalami kenaikan.

"Untuk pemeliharaan ikan mas sekitar 3.000 ekor, membutuhkan sekitar 30 karung pakan ikan hingga panen dengan waktu selama empat bulan," katanya.

Kegiatan Jumat Berkat yang digelar di kawasan kolam budidaya ikan dan persawahan Talawaan itu, juga dihadiri petani, serta Danramil 1310-04/Dimembe Letda Inf Marthen Tangkere, Camat Talawaan Alxander, Kapolsek Dimembe Iptu Fadhly, Hukum Tua Talawaan Recky Sumampouw.

 

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024