Sangihe, Sulut (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sangihe menutup waktu pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) setelah dibuka selama 10 hari sejak tanggal 20 November 2022.

"Hari ini pendaftaran calon PPK sudah ditutup dengan jumlah 219 pelamar," kata Komisioner KPU Sangihe Iklam Patonaung di Tahuna, Selasa.

Menurut dia, 219 pendaftar tersebut dengan rincian Kecamatan Tahuna 22 pendaftar, Tahuna Barat (10), Tahuna Timur (25), Kendahe (11), Tabukan Utara (23), Tabukan Tengah (16), Tabukan Selatan (8), Tabukan Swlatan Tengah (11), Tabukan Swlatan Tenggara (9), Manganitu Selatan (16), Tamako (13), Manganitu (20), Tatoareng (6), Nusa Tabukan (21) dan Kecamatan Kepulauan Marore delapan pelamar.

Terhadap berkas pendaftaran calon PPK yang sudah diterima, KPU akan melakukan penelitian administrasi sampai dengan tanggal 1 Desember, hasil penelitian tersebut diumumkan pada tanggal 2 sampai dengan 4 Desember.

Sedangkan tes tertulis dilaksanakan pada tanggal 5 sampai dengan 7 Desember. Hasilnya diumumkan pada tanggal 8 sampai dengan 10 Desember.

Terhadap calon yang lulus administrasi, KPU membuka ruang kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan serta masukan terhadap semua calon.

Dia meminta kepada semua pendaftar calon PPK agar belajar dengan baik dalam menghadapi tes tertulis apabila lulus tes administrasi.

Tes wawancara, kata dia dilaksanakan tanggal 11 sampai dengan 13 Desember, hasilnya diumumkan pada tanggal 14 sampai dengan 16 sekaligus penetapan 75 orang anggota PPK terpilih sebab setiap kecamatan ditetapkan 5 orang anggota PPK.

Sedangkan pelantikan anggota PPK nanti dilaksanakan pada tanggal 4 Januari 2023.

Dia mengakui bahwa animo masyarakat Sangihe untuk menjadi anggota PPK sangat tinggi sebab setiap kecamatan pendaftarnya lebih dari lima orang.

Kondisi ini sangat berbeda dengan perekrutan anggota PPK pada pemilihan sebelumnya.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang berpartisipasi membantu pelaksanaan pemilihan umum dengan mendaftar sebagai anggota PPK," kata dia.


Pewarta : Jerusalem Mendalora
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024