Manado (ANTARA) - Pemerintah terus berinovasi mewujudkan merdeka belajar, di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) demi peningkatan mutu pendidikan.

"Kami berupaya untuk membangkitkan terus semangat para guru dan siswa di Manado," kata Wali Kota Manado Andrei Angouw usai menjadi Inspektur Upacara dalam rangka Hari Guru Nasional dan HUT PGRI Ke-77 Tahun 2022 di lapangan Sparta Tikala Manado, Jumat.

Dia mengatakan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI Ke-77 ini dilakukan Serentak Berinovasi wujudkan merdeka belajar "Guru Bangkit, Pulihkan Pendidikan, Indonesia Kuat, Indonesia Maju".

Sebenarnya, kata Andrei, bukan hanya guru yang terus didorong untuk berubah juga memacu diri untuk berinovasi.

Ia mengatakan mengubah cara pandang dan cara kerja dalam memberikan layanan terbaik bagi pendidik dan peserta didik.

Platform Merdeka Mengajar yang telah diluncurkan pada tahun ini, sepenuhnya dirancang untuk memenuhi kebutuhan guru akan ruang untuk belajar, berkarya, dan berkolaborasi.

Platform tersebut dibuat berdasarkan kebutuhan yang ada di lapangan, bukan berdasarkan keinginan pemerintah pusat.

Ini adalah perubahan besar cara kerja pemerintahan dalam melayani masyarakat.

Dalam Platform Merdeka Mengajar, guru bisa mengakses modul pembelajaran dengan gratis, mengunggah dan membagikan konten-konten praktik baik pembelajaran dan terkoneksi dengan rekan sesama guru dari daerah lain.

Guru di Aceh sekarang bisa belajar dari guru di Papua. Guru di Kalimantan bisa menginspirasi guru-guru yang ada di Jawa.

"Selamat hari guru, dan berharap akan menciptakan generasi bangsa yang cerdas," katanya.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Jorie MR Darondo
Copyright © ANTARA 2024