Manado (ANTARA) - Pemerintah  daerah memberikan subsidi pembelian bahan baku bagi 1.000 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Sampai akhir tahun ini,  1.000 UMKM akan menerima subsidi masing-masing sebesar Rp300 ribu," kata Kepala Dinas Koperasi  dan UMKM Sulut Ronald Sorongan, di Manado, Kamis.

Ronald mengatakan dana sebesar Rp300.000 tersebut untuk membantu UMKM yang terdampak kenaikan harga BBM untuk  membeli bahan baku berusaha.

"Syarat penerima subsidi ini harus sudah memiliki nomor induk berusaha (NIB) dan menunjukkan kuitansi pembelian bahan baku tersebut," jelasnya.

Pemerintah Sulut dalam hal ini Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw memberikan subsidi ini dari dana APBD sebesar Rp300juta.

"Saya harap UMKM di Sulut bisa memanfaatkan bantuan subsidi ini, sehingga pelaku usaha tetap berproduksi," jelasnya.

Nanti, katanya, melalui Dinas Koperasi Sulut akan mentransfer ke rekening pelaku UMKM yang bisa menunjukkan adanya NIB dan hasil pembelian.

Saat ini, katanya, pelaku UMKM bisa langsung membuat NIB di bazar UMKM dan pangan murah di TKB Manado secara gratis tanpa dipungut biaya.


Pewarta : Nancy Lynda Tigauw
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024