Sitaro (ANTARA) - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Fidel Malumbot melantik 29 anggota Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan se-Kabupaten Kepulauan Sitaro dilantik dalam agenda pelantikan dan pengambilan sumpah.

Kegiatan yang bertempat di Aula Little House Inn Ulu Siau, pada Jumat (28/10) itu, diawali dengan pembacaan petikan Surat Keputusan (SK) Ketua Bawaslu Sitaro tentang penetapan anggota Panwaslu Kecamatan oleh Koordinator Sekretariat Bawaslu.

Dalam sambutannya, Malumbot memberikan selamat kepada seluruh anggota Panwaslu Kecamatan yang baru dilantik, dengan harapan agar dapat melaksanakan tugas yang sangat penting dan strategis.

"Kenapa penting dan strategis, oleh karena eksistensi dan peran dari panwaslu merupakan bagian tak terpisahkan bagian dan sangat penting serta menentukan suksesnya pelaksanaan pemilu. Secara khusus lagi bagi suksesnya efektifitas sebuah langkah pengawasan atas semua tahapan pemilu," tukas Malumbot.

Dikatakan Malumbot, bagi anggota panwaslu yang baru dilantik hal ini menjadi sebuah kehormatan ketika mendapat amanah untuk mengemban tugas yang sangat penting dan strategis. 

" Eksistensi anggota panwaslu akan menentukan peran dari Bawaslu secara kelembagaan mulai dari pusat, provinsi, kabupaten bahkan sampai pada anggota garda terdepan yakni pengawas TPS," kata Malumbot.

"Kemudian diharapkan secara pribadi maupun bersama-sama untuk membangun tim kerja yang solid, berintegritas, yang memiliki mentalitas sebagai pengawas dan menjunjung tinggi profesionalisme sebagai pengawas pemilu," katanya lagi.

Terkait dengan salah satu anggota yang belum sempat dilantik, pada sejumlah wartawan Malumbot menjelaskan, bahwa dari 30 anggota baru 29 anggota yang dilantik hari ini, satu orang belum dilantik karena terlambat dalam kepengurusan kelengkapan administrasi.

"Masih ada satu kelengkapan administrasi yang perlu dilengkapi  setelah dinyatakan terpilih yaitu kesehatan rohani dan surat keterangan bebas narkoba. Jadi satu orang ini masih dalam proses pemeriksaan karena keterlambatan," jelas Malumbot.

Apabila proses pemeriksaan selesai besok pagi dan jika yang bersangkutan kembali ke Siau serta berkesempatan menghadiri bimtek maka Malumbot memastikan akan dilaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah hari itu juga untuk bersangkutan 

"Sejauh yang bersangkutan membawa pulang dua dokumen yang disyaratkan setelah dinyatakan terpilih, maka yang bersangkutan dipastikan akan dilantik. Jadi dari 30 anggota baru 29 orang yang dilantik hari ini, dan satu menyusul yakni anggota panwaslu Kecamatan Siau Barat Selatan," tandas dia.

Hadir dalam kegiatan anggota Bawaslu Sitaro Henrolds Tatengkeng dan Jamila Thalib , Koordinator Sekretariat Andrew Lerah bersama jajaran staff Bawaslu Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Pewarta : Stenly RM Gaghunting
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024