Manado (ANTARA) - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Laksamana Pertama TNI Nouldy Tangka mengatakan keberadaan pangkalan TNI Angkatan Laut(Lanal) merupakan wujud kehadiran TNI AL di suatu wilayah.

"Dalam kaitan inilah, penampilan dan kinerja Lanal merupakan faktor yang akan mewarnai persepsi dan penilaian masyarakat tentang TNI AL," kata Danlantamal saat melakukan serah terima jabatan (Sertijab) Komandan Lanal Gorontalo dari  Letkol Laut (P) Homa Sugama kepada Letkol Laut (P) Indragiri Yani Wardhono, di Gorontalo, Rabu, melalui keterangan tertulis.

Dia menambahkan  karena Lanal beserta jajarannya merupakan ujung tombak dan lini terdepan dari struktur TNI AL yang langsung berhubungan dengan dinamika kehidupan masyarakat di lapangan.

Pada kesempatan itu, Danlantamal VIII menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Letkol Laut (P) Homa Sugama,  atas dedikasi, loyalitas dan prestasi yang telah dicapai, serta usaha-usaha yang telah dilakukan selama menjadi Danlanal Gorontalo. Ucapan yang sama disampaikan kepada  Retno Homa Sugama sebagai Ketua Cabang 4 Kordinator Cabang (Korcab) VIII Daerah Jalasenastri Armada (DJA) II, yang selama ini telah menjalankan tugas dengan baik.
Sementara kepada Letkol Laut (P) Indragiri Yani Wardhono,  selamat atas jabatan yang  baru.

Upacara sertijab Danlanal Gorontalo diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan, penanggalan dan penyematan tanda pangkat dan jabatan serta penandatanganan pakta integritas bagi pejabat baru.

Sertijab  yang dilaksanakan di Markas Komando Lanal Gorontalo tersebut dihadiri Asrena Danlantamal VIII, Aspers Danlantamal VIII, Kakuwil Lantamal VIII serta diikuti Para Perwira, Bintara dan Tamtama Lanal Gorontalo.

Pewarta : Jorie MR Darondo
Editor : Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024